Pilihan rumah kredit bagi pekerja Jakarta

Pilihan rumah kredit bagi pekerja Jakarta
perumahan. ©2012 Merdeka.com/sapto anggoro
EKONOMI | 2 Februari 2013 20:00 Reporter : Novita Intan Sari

Merdeka.com - Direktur Consumer and Banking Bank Tabungan Negara (BTN) Irman A. Zahiruddin menyarankan masyarakat yang sehari-hari bekerja di Jakarta, untuk membidik lokasi rumah yang strategis seperti kawasan Selatan Jakarta dan Tangerang.

"Bagi masyarakat yang ingin membeli rumah murah tapi bagus, kami sarankan untuk pintar memilih lokasi seperti di kawasan BSD, Bintaro dan Tanggerang, tanah di sana masih potensial," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta Convention Center, Sabtu (2/2).

BTN meminta masyarakat jeli memilih pengembang atau developer. Sebabkan developer dengan kualitas bagus akan menjaga kredibilitasnya di depan konsumen. "Harus detail melihat dan milih developer yang besar, lihat bagaimana proyek mereka, sebab developer yang bagus tidak akan membiarkan proyeknya terbengkalai," jelasnya.

Selain itu, konsumen harus melihat fasilitas yang ditawarkan. Hal ini penting sebagai penunjang kebutuhan konsumen dalam beraktifitas. "Lihat rumah dan fasilitas di dalamnya, sebab ini juga menentukan harganya," ujarnya.

Salah satu pengunjung pameran ini, Yudi (35) mengatakan pihaknya saat ini ingin membeli rumah di daerah Jakarta Selatan. Daerah tersebut dinilai lebih strategis baginya. "Sekarang saya tinggal di Jakarta Timur, saya niatnya mau cari rumah di Jakarta Selatan. Soalnya saya dengar kawasan tersebut jarang banjir," ungkapnya kepada merdeka.com.

Dia mengatakan adanya pameran perumahan, menambah informasi perumahan yang bisa dijangkau dengan isi kantong konsumen. Pameran menawarkan harga terendah dan harga tertinggi berdasarkan kapasitas perumahan tersebut.

"Tapi rata-rata rumah di sini masih kisaran Rp 400 juta. Padahal saya ingin rumah di bawah Rp 200 juta," ungkapnya.

Dalam ajang pameran properti BTN di Hall A dan B Jakarta Convention Center (JCC), beberapa pengembang menawarkan harga rumah di bawah Rp 100 juta dengan tipe 36, dengan luas tanah 60 meter.

Akan tetapi, pantauan merdeka.com, harga rumah yang dipatok termurah di bawah Rp 100 juta, berlokasi disekitar Parung, Bogor, Jawa Barat. Pengembang pun banyak yang memberikan diskon uang hanya 10 persen dengan tenor kredit 25 tahun dan cicilan termurah seharga Rp 500.000 per bulan.

Bukan hanya rumah bagi masyarakat berpendapatan menengah yang ditawarkan, dalam ajang pameran ini, nyatanya ada rumah yang ditawarkan dengan harga Rp 20 miliar. "Ya kami menawarkan rumah di kawasan ini dengan harga kisaran Rp 6 miliar sampai 20 miliar," ujar Manajer Sentul City, Limbong.

Rumah tersebut memiliki tanah dengan lebar 13,5 hektar. Dengan jumlah unit yang dijual mencapai 105 unit.

(mdk/arr)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami