Tips Sederhana Terhindar dari Jeratan Utang

Tips Sederhana Terhindar dari Jeratan Utang
UANG | 1 Juli 2020 06:00 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Terhindar dari utang adalah keinginan semua orang. Sebab, selain memberikan tekanan mental, utang juga membuat hidup seseorang menjadi tidak tenang karena menanggung utang.

Sebenarnya setiap orang bisa saja tidak berutang jika dapat mengatur pengeluarannya. Termasuk tidak membeli barang yang dibutuhkan hanya karena merasa menyukainya.

Utang tidak terlepas dari mengatur keuangan. Berikut 4 tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah Anda terjerat utang, dilansir Lifehack.org.

1 dari 4 halaman

Menabung di awal

awal

Gunakan trik 50-30-20 setiap kali Anda menerima gaji dari tempat bekerja. Gunakan 50 persen dari gaji untuk pengeluaran tetap seperti kredit rumah, internet, tagihan listrik dan lainnya.

Sementara itu, 30 persen lainnya Anda gunakan untuk pengeluaran lainnya seperti kebutuhan sehari-hari atau untuk hiburan. Sisanya, sebanyak 20 persen dari gaji harus masuk tabungan sejak awal.

Dengan menyisihkan uang di awal, Anda bisa secara pelan-pelan melunasi utang. Selain itu, Anda juga bisa membatasi diri untuk belanja yang tidak perlu.

2 dari 4 halaman

Berhenti gunakan kartu kredit

kartu kredit

Kredit bukanlah semudah Anda menggesek kartunya. Memang, dengan kartu kredit, Anda bisa membeli banyak barang bahkan saat Anda tidak memiliki uang.

Namun, langkah berikutnya untuk lepas dari utang adalah dengan berhenti menggunakan kartu kredit. Ingat, setiap kali menggunakan kartu kredit, setiap itu pula Anda menambah utang. Jadi pastikan Anda menggunakan kartu debit saat membayar dan bukan kartu kredit.

3 dari 4 halaman

Susun anggaran dan patuhi

dan patuhi

Menyusun anggaran memang bukan langkah yang menyenangkan untuk keluar dari utang. Meski begitu, menyusun anggaran dan mematuhinya merupakan langkah yang paling ampuh untuk keluar dari jeratan utang.

Ingat juga, Anda menjadi memiliki utang, lantaran tidak memiliki anggaran yang tepat. Sehingga pengeluaran menjadi lebih tinggi dibandingkan pemasukan dan membuat Anda jadi berutang. Maka susunlah anggaran yang sesuai dengan keuangan, termasuk dana tabungan, dan pastikan Anda mematuhinya.

4 dari 4 halaman

Buat grafik pelunasan utang

pelunasan utang

Ini merupakan bagian paling menyenangkan agar Anda bisa keluar dari jeratan utang. Pertama, buatlah daftar utang yang dimiliki, mulai dari yang terbesar hingga yang terkecil jumlahnya.

Setelah itu, sesuaikan dengan anggaran dan tabungan yang Anda sisihkan. Lantas pastikan grafik utang tersebut tidak naik kembali dan terus menurun hingga nol.

Reporter: Siska Amelie F Deil

Sumber: Liputan6.com (mdk/azz)

Baca juga:
Pakar Psikologi Keuangan: Orang dengan IQ Tinggi Kerap Buat Keputusan Buruk
Ingin Ajukan Modal untuk UMKM, Perhatikan 5 Hal Ini
4 Hal yang Harus Disiapkan Saat Melamar Kerja Pasca Pandemi
Asah Kemampuan Anda untuk Kejar Karir Pasca Corona
Tips Berinvestasi yang Optimal di Masa Pandemi ala Bank Permata
3 Tips Mudah Buat Anda yang Sulit Menabung untuk Hari Tua

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5