Wishnutama Beberkan Syarat Agar Hotel Bisa Sewakan Kamar Bagi Tenaga Medis

Wishnutama Beberkan Syarat Agar Hotel Bisa Sewakan Kamar Bagi Tenaga Medis
UANG | 28 Maret 2020 16:17 Reporter : Anisyah Al Faqir

Merdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Whisnutama Kusubandio menawarkan jaringan hotel untuk menyediakan kamar bagi tenaga kesehatan yang menangani pasien terinfeksi virus corona. Hanya saja, hotel yang bersedia bekerja sama harus mengikuti sejumlah aturan yang telah ditetapkan Kementerian Kesehatan.

"Kerja sama ini terbuka dengan jaringan hotel lain yang dapat memenuhi prosedur dan persyaratan yang harus dipenuhi," kata Whisnutama di Graha BNPB, Jakarta Timur, Sabti (28/3).

Ada beberapa persyaratan yang diatur dalam SOP Kementerian Kesehatan. Seluruh tamu yang menginap dan karyawan hotel akan mengikuti beberapa tahap antisipasi. Di antaranya, pemeriksaan suhu badan, semprot disenfektan dan pemakaian APD.

Pihak hotel juga harus melakukan SOP khusus dalam menjalankan tugas sehari-hari. Baik di departemen yang tidak berhubungan langsung dengan tamu maupun yang bertemu secara langsung.

Termasuk mereka yang karyawan yang bekerja sebagai penyedia makanan, laundry, house keeping dan lain-lain. Selain itu, persyaratan lainnya tidak memutus hubungan kerja (PHK) karyawan dalam situasi pandemik seperti ini.

Terkait pembiayaan, nantinya pemerintah akan membayar dengan harga di bawah pasaran. Langkah ini diambil Whisnutama sebagai bentuk bantuan menjaga industri perhotelan yang jadi bagian dari sektor pariwisata.

Pemerintah imbau semua unsur termasuk industri pariwisata untuk dapat membantu mencegah penyebaran wabah Covid-19. "Mari kita jaga indonesia dari wabah Covid-19," kata Whisnutama mengakhiri. (mdk/did)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami