CEK FAKTA: Hoaks Ada Dua Batu Karang Berbentuk Wajah Manusia di California

CEK FAKTA: Hoaks Ada Dua Batu Karang Berbentuk Wajah Manusia di California
Hoaks Ada Dua Batu Karang Berbentuk Wajah Manusia di California. ©Facebook
CEK-FAKTA | 13 Mei 2022 10:30 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Unggahan di media sosial Facebook memperlihatkan foto dua batu karang diklaim berbentuk wajah manusia laki-laki dan perempuan yang saling berhadapan. Foto tersebut disertai keterangan bahwa batu tersebut ada di tepi pantai Pasifik Grove, California, Amerika Serikat.

"They are on the shoreline of Pacific Grove, California, and the most romantic spot in the United States."

Terjemahan:

"Batuan ini berada di tepi pantai Pasifik Grove, California, dan spot paling romantis di Amerika."

hoaks ada dua batu karang berbentuk wajah manusia di california
©Facebook

Penelusuran

Hasil penelusuran, dilansir dari situs USA Today, menurut pusat informasi turis lokal di California, foto batu karang sebagaimana yang diklaim tidak ada di Pasifik Grove California, kemungkinannya ada di Thailand.

Juru bicara Pacific Grove Tourist Information Center, Diane Tyrrel, mengatakan foto yang ditunjukkan pada gambar tidak terletak di pantai dekat Pacific Grove.

"Kami memiliki Kissing Rocks, tetapi mereka tidak terlihat seperti itu," katanya.

Kissing Rocks adalah formasi batuan tepi laut yang Atlas Obscura gambarkan sebagai tempat paling romantis di Amerika. Formasi ini terdiri dari dua singkapan batu yang bergabung membentuk lengkungan di atas air.

hoaks ada dua batu karang berbentuk wajah manusia di california
©dailymail.co.uk

Sedangkan, foto yang asli ada di website dailymail.co.uk. Postingan di website tersebut berupa artikel dengan judul "Blessed in Thailand, the hypnotic land of sublime islands and swanky resorts". Foto dua batu karang di sebuah pantai sama sekali tidak berbentuk wajah dan foto tersebut diberikan keterangan "Thai coastline- photo by Corbis".

Kesimpulan

Batu karang berwajah laki-laki dan perempuan saling berhadapan tidak ada di Pasifik Grove California. Faktanya, batu tersebut berada di Thailand dan bentuk wajahnya hasil editan.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://www.usatoday.com/story/news/factcheck/2022/04/22/fact-check-image-face-cliffs-not-pacific-grove-california/7403838001/
https://www.dailymail.co.uk/travel/article-2527199/Blessed-Thailand-hypnotic-land-sublime-islands-swanky-resorts.html

(mdk/lia)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami