Cara Membuat Sambal Terasi Kering Sederhana dan Nikmat

Cara Membuat Sambal Terasi Kering Sederhana dan Nikmat
Sambal semut chicatana (ilustrasi). © Elsoldecordoba.com.mx
JABAR | 11 Februari 2020 08:14 Reporter : Novi Fuji Astuti

Merdeka.com - Merdeka - Bicara soal kuliner nusantara hampir tidak bisa dilepaskan dari sambal. Di Indonesia siapa yang tidak suka sambal? Rasanya yang pedas dan gurih selalu berhasil menambah selera makan jadi berlipat-lipat. Pun, cara membuat sambal sangat mudah dan praktis.

Terbukti banyak sekali rumah makan yang menawarkan ragam varian sambal. Dari sambal uleg yang cocok dimakan bersama lalapan sampai sambal kering yang pas dimakan dengan nasi panas dan lauk pauk.

Kegandrungan orang Indonesia mengonsumsi sambal dibuktikan dengan menjadikannya barang bawaan yang wajib ada di koper saat hendak pergi ke luar negeri. Menjatuhkan pilihan pada sambal kering merupakan yang paling tepat.

Selain praktis dibawa ke manapun sambal kering juga cocok dipadukan dengan beragam lauk pauk, bahkan hanya dengan nasi panas pun sudah terasa nikmat. Berikut cara membuat sambal terasi kering yang mudah dan nikmat:

2 dari 4 halaman

Bahan-Bahan Sambal Kering

1. Cabai Rawit Kering

Cabai kering dipercaya memiliki rasa pedas yang lebih nampol jika dibandingkan dengan cabai segar yang biasa dipakai untuk membuat sambal uleg biasa. Cabai kering juga sering dipakai untuk membuat bumbu masakan salah satunya masakan daerah Sumatra.

ilustrasi cabai2013 Merdeka.com/Shutterstock/JIANG HONGYAN

2. Terasi Udang Kering

Terasi merupakan bumbu dapur yang banyak disukai orang Indonesia karena aromanya yang sedap. Meskipun beberapa orang meyakini terasi udang yang basah lebih enak namun untuk membuat sambal kering usahakan memakai terasi udang yang kering juga. Bukan tanpa alasan, terasi udang kering lebih muda tercampur dengan cabe dan bahan-bahan lainnya saat dimasak.

3 dari 4 halaman

Bahan-Bahan Lainnya

1. Gula Merah

Hindari gula merah yang berwarna gelap, dan warna yang tidak merata sempurna karena ada kemungkinan gula merah tersebut tidak murni. Sebab gula merah yang baik cenderung memiliki warna yang terang, tekstur yang padat dan stabil meskipun ditekan.
merahboldsky.com


2. Bawang Merah

Bawang merah menjadi bumbu dapur yang hampir tidak pernah absen dari resep masakan apapun. Bisa dibilang bawang merah adalah kunci dari cita rasa makanan yang hendak dimasak. Usahakan pilih bawang merah yang segar dengan bonggolnya yang kompak dan utuh. Saat memilih bawang perhatikan juga kulitnya, pilih yang tekstur kulitnya kering juga tidak ada busuk di permukaannya.

3. Garam dan Penyedap Rasa

Takaran garam dan penyedap rasa yang sesuai akan menyempurnakan kenikmatan sambal kering sehingga pas dijadikan teman makan bersama nasi dan ragam lauk pauknya.

4 dari 4 halaman

Cara Membuat Sambal Terasi Kering

Berikut tahapan cara membuat sambal terasi kering:

ilustrasi sambal roa(Ilustrasi) Shutterstock/By HelloRF Zcool

  1. Haluskan 25 cabai rawit kering,
  2. Potong dadu 12 siung bawang merah,
  3. Tuangkan 4 sendok minyak goreng ke dalam wajan yang sudah dipanaskan,
  4. Tumis bawang merah sampai harum dan sedikit kecokelatan,
  5. Masukkan 2 batang terasi udang kering, aduk hingga aromanya keluar,
  6. Masukkan cabai rawit kering yang sudah dihaluskan,
  7. Tambahkan gula, garam dan penyedap rasa sesuai selera,
  8. Goreng dengan api kecil sampai kering.


Demikian langkah-langkah membuat sambal terasi kering sederhana dan nikmat. Gimana resepnya sangat mudah bukan? Jangan lupa untuk dicoba yaa.

(mdk/snw)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami