7 Agustus Peringatan Hari Saudara Perempuan Nasional di Amerika, Begini Sejarahnya

7 Agustus Peringatan Hari Saudara Perempuan Nasional di Amerika, Begini Sejarahnya
Ilustrasi bahagia. ©Unsplash/alexandra lammerink
JATENG | 7 Agustus 2022 05:05 Reporter : Ayu Isti

Merdeka.com - Saudara yang terikat oleh hubungan darah tentu memiliki arti tersendiri bagi setiap orang. Di mana sesama anak dalam keluarga, tentu Anda dan saudara kandung berbagi beragam hal bersama. Bukan hanya itu, orang tua pun mengajarkan untuk saling menolong dan saling menjaga satu sama lain antar saudara.

Terlebih bagi saudara sesama perempuan. Kesamaan jenis kelamin tentu membuat Anda dan kakak atau adik perempuan Anda dalam keluarga lebih dekat secara emosional. Meskipun hal ini tidak bisa dijadikan patokan, namun Anda akan menemui lebih banyak kesamaan sesama perempuan, dibandingkan dengan saudara laki-laki.

Dengan begitu, penting bagi masyarakat, terutama bagi Anda yang memiliki saudara semasa perempuan dalam keluarga, untuk membangun dukungan dan hubungan yang solid. Seperti di Amerika, terdapat peringatan khusus yang merayakan Hari Saudara Perempuan Nasional setiap hari Minggu pertama di bulan Agustus, tahun ini jatuh pada tanggal 7 Agustus.

Ternyata, bukan hanya dengan saudara sesama perempuan di dalam keluarga, perayaan Hari Saudara Perempuan Nasional di Amerika juga berlaku bagi hubungan pertemanan. Dengan lingkup yang lebih luas, tentu ini dapat mendukung hubungan sosial yang semakin baik dan rukun.

Dilansir dari National Today, berikut kami merangkum sejarah peristiwa 7 Agustus yang diperingati sebagai Hari Saudara Perempuan di Amerika dan cara merayakannya, bisa Anda simak.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Saudara Perempuan di Amerika

Sejarah Hari Saudara Perempuan di Amerika, yang tahun ini diperingati pada tanggal 7 Agustus, sebenarnya belum diketahui secara pasti dari mana asal usulnya. Namun, perayaan ini dikaitkan dengan beberapa peristiwa inspiratif saudara perempuan di berbagai belahan dunia

Pada tahun 39 M, saudara perempuan Trung, Trung Trac dan Trung Nhi, memimpin gerakan kemerdekaan Vietnam pertama dengan berhasil memberontak dan mendirikan negara merdeka matriarkal sendiri. Mereka dibesarkan untuk belajar seni bela diri dan mempelajari seni berperang, kemudian membentuk pasukan pemberontak yang sebagian besar adalah wanita.

Selain itu, peristiwa inspiratif tentang saudara perempuan di Charleston juga menjadi salah satu alasan dari perayaan ini. Saudara perempuan Grimke, Angelina dan Sarah, adalah aktivis hak-hak perempuan abad ke-19 yang sangat mengesankan, di mana Ayah mereka adalah pemilik budak kaya di Charleston.

Meskipun begitu, ketiga saudara perempuan ini menolah gaya hidup mewah dan memutuskan pindah ke utara menjadi Quaker, dan memberikan ceramah tentang pengalaman mereka menyaksikan kebrutalan perbudakan.

Peristiwa lain yang tak kalah inspiratif datang dari Patricia, Minerva, dan Antonia Mirabal, juga dikenal sebagai Las Mariposas. Tiga saudara perempuan ini adalah pahlawan nasional di Republik Dominika karena keberanian mereka menentang diktator Rafael Trujillo. Ketiga wanita muda itu menjadi simbol perlawanan populer dan feminis selama abad ke-20.

Lebih dari itu, masih banyak cerita-cerita inspiratif lain yang menunjukkan hebatnya saudara perempuan yang menghimpun kekuatan bersama untuk memberikan perubahan sosial yang positif. Itulah yang menjadi alasan dari perayaan ini. Di mana peringatan ini diadakan untuk mendukung hubungan yang baik sesama saudara perempuan dalam keluarga.

Bukan hanya hubungan antar saudara kandung, tetapi juga saudara perempuan yang terjalin karena hubungan pertemanan. Semakin banyak perempuan yang bersatu, tentu akan menghasilkan kekuatan yang lebih besar untuk hal-hal positif. Maka ini yang harus terus digaungkan di seluruh penjuru dunia.

3 dari 3 halaman

Cara Memperingati Hari Saudara Perempuan

Setelah mengetahui sejarah 7 Agustus yang saat ini diperingati Hari Saudara Perempuan di Amerika, terakhir akan dijelaskan bagaimana cara turut berpartisipasi dalam peringatan ini. Meskipun bukan warga negara Amerika, peringatan ini dapat dirayakan oleh semua orang, termasuk masyarakat Indonesia.

Tak perlu hadiah mewah untuk diberikan pada saudara perempuan, terdapat beberapa cara yang lebih baik dan berdampak positif untuk memperingati perayaan ini. Berikut cara merayakan Hari Saudara Perempuan, yang bisa Anda praktikkan:

  • Membangun komunikasi: usahakan untuk membangun komunikasi yang baik dengan saudara perempuan Anda. Anda bisa lebih sering meluangkan waktu bersama dengan saudara perempuan untuk mengobrol bersama. Bagi Anda yang sudah tinggal terpisah dengan saudara perempuan, cobalah untuk rutin menghubunginya, meskipun hanya sekedar menanyakan kabar kehidupannya.
  • Menjadi pendengar yang baik: cara berikutnya yaitu menjadi pendengar yang baik. Bagi sesama perempuan, baik terikat hubungan darah maupun pertemanan, cobalah untuk menjadi pendengar yang baik. Luangkan waktu jika kakak, adik, atau teman Anda sedang mengalami masalah. Dengarkan dengan penuh perhatian ketika mereka sedang mencurahkan isi hatinya. Terakhir, berikan bantuan atau minimal dukungan moral yang baik kepada mereka.
  • Pergi bertualang: cara terakhir yaitu luangkan waktu untuk pergi bersama. Anda bisa memilih berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan bersama kakak, adik, dan teman Anda. Mulai dari menonton film, olahraga bersama, hingga pergi bertualang bersama. Dengan cara ini, hubungan Anda dengan saudara atau teman akan semakin baik dan solid.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini