7 Kewajiban di Lingkungan Masyarakat, Menjaga Kebersihan hingga Merawat Kerukunan

7 Kewajiban di Lingkungan Masyarakat, Menjaga Kebersihan hingga Merawat Kerukunan
Ilustrasi Kerukunan Antarumat Beragama. ©2020 Merdeka.com/bengkulu.kemenag.go.id
JATENG | 19 November 2021 14:35 Reporter : Ayu Isti Prabandari

Merdeka.com - Manusia merupakan makhluk sosial yang hidup berdampingan satu sama lain. Dalam hal ini, kehidupan manusia membentuk sekumpulan masyarakat yang tinggal di suatu wilayah. Di mana dalam sistem masyarakat dibagi dalam beberapa jenjang, mulai dari rukun tetangga, rukun warga, hingga lingkup yang lebih besar dan menyeluruh yang mencakup negara.

Dalam kehidupan bermasyarakat, setiap manusia mempunyai beberapa kewajiban yang harus dilakukan. Mulai dari menjaga kebersihan lingkungan untuk menciptakan tempat tinggal yang sehat dan nyaman, mematuhi aturan norma yang berlaku, saling menghormati dan membantu tetangga, hingga merawat kerukunan bersama.

Kewajiban di lingkungan masyarakat dilakukan untuk membangun kehidupan bermasyarakat yang damai, aman, dan sejahtera. Ini menjadi hal penting yang perlu dilakukan, mengingat sifat manusia yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan membangun kehidupan sosial dan lingkungan yang baik, tentu hidup akan lebih tenang dan bahagia.

Dengan begitu, beberapa kewajiban di lingkungan masyarakat ini perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari lingkungan terdekat yaitu antar tetangga, hingga diterapkan ke lingkungan yang lebih luas, seperti lingkungan kerja dan lain sebagainya.

Dilansir dari laman Dosen Sosiologi, berikut kami merangkum beberapa kewajiban di lingkungan masyarakat yang perlu diterapkan dalam keseharian.

2 dari 4 halaman

Kewajiban di Lingkungan Masyarakat: Menjaga Kebersihan hingga Mematuhi Norma

ilustrasi lingkungan bersih dan sehat
Pixabay ©2020 Merdeka.com

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kewajiban di lingkungan masyarakat yang pertama yaitu menjaga kebersihan dengan baik. Dalam hal ini, setiap masyarakat perlu menjaga kebersihan rumah dan lingkungan sekitar dengan baik.

Mulai membuang sampah pada tempatnya, membersihkan saluran air di lingkungan sekitar, menjaga lingkungan tetap bersih agar tidak menjadi sarang penyakit. Masyarakat juga bisa melakukan kerja bakti di setiap minggu untuk membersihkan lingkungan sekitar bersama.

Melestarikan Alam di Sekitar

Kewajiban di lingkungan masyarakat selanjutnya adalah melestarikan alam di sekitar. Selain menjaga kebersihan, setiap masyarakat juga perlu menjaga alam tetap asri dan tidak menimbulkan kerusakan. Sebaliknya, lakukan berbagai upaya untuk membantu alam semakin lestari dan sehat.

Mulai dari mendukung kegiatan penanaman pohon di lingkungan sekitar, mengelola sampah rumah tangga dengan baik, dan mengurangi berbagai kegiatan yang menimbulkan polusi seperti membakar sampah dan lain sebagainya.

Mematuhi Aturan dan Norma di Masyarakat

Kewajiban di lingkungan masyarakat berikutnya adalah mematuhi aturan dan norma. Dalam kehidupan bermasyarakat, tentu terdapat aturan dan norma yang harus dilakukan dan dipatuhi.

Seperti tidak menimbulkan keributan yang mengganggu tetangga dan lingkungan sekitar, tidak mencuri, bersikap sopan dan saling menghormati antar tetangga. Aturan dan norma di masyarakat ini perlu dipatuhi demi menjamin kehidupan masyarakat yang tentram dan damai.

3 dari 4 halaman

Kewajiban di Lingkungan Masyarakat: Mengikuti Kegiatan Sosial dan Saling Menghormati

Mengikuti Kegiatan di Lingkungan Setempat

Mengikuti kegiatan di lingkungan setempat juga termasuk salah satu kewajiban di lingkungan masyarakat yang perlu dilakukan. Sebagai manusia sosial, penting bagi masyarakat untuk membangun kehidupan sosial yang baik antar sesama.

Ini bisa diwujudkan dengan berpartisipasi aktif dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan di lingkungan tempat tinggal. Seperti kegiatan kerja bakti, ronda malam, perkumpulan rukun tetangga, kegiatan sosial menengok orang sakit, dan lain sebagainya.

Menghormati dan Membantu Sesama

Kewajiban di lingkungan masyarakat yang tidak kalah penting yaitu menghormati dan membantu sesama. Dalam hidup berdampingan, setiap masyarakat harus saling menghormati berbagai perbedaan yang ada. Seperti menghormati warga yang sedang beribadah sesuai dengan agamanya dan tidak mengulik sesuatu yang bersifat privasi.

Selain itu, masyarakat juga harus saling membantu ketika orang terdekat membutuhkan pertolongan. Seperti membantu tetangga saat terkena musibah, melayat ketika ada warga yang meninggal dunia, atau membantu dalam berbagai hal lainnya.

4 dari 4 halaman

Kewajiban di Lingkungan Masyarakat: Merawat Kerukunan dan Menghindari Tindakan Asusila

ilustrasi keberagaman dan kerukunan©2020 Merdeka.com/flickr.com

Merawat Kerukunan

Merawat kerukunan juga merupakan kewajiban di lingkungan masyarakat yang perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, setiap masyarakat harus saling menghormati perbedaan, menghindari segala bentuk provokasi dan perpecahan antar warga, saling bersilaturahmi untuk membangun kehidupan sosial yang baik, dan menjaga sikap sopan santun. Dengan melakukan beberapa hal ini, dapat membantu menciptakan kehidupan bermasyarakat yang nyaman, aman, damai, dan tentram.

Tidak Melakukan Tindakan Asusila

Kewajiban di lingkungan masyarakat yang harus dilakukan berikutnya yaitu tidak melakukan tindakan asusila. Dalam hal ini, setiap masyarakat harus saling menghormati dan berlaku sopan terhadap sesama. Baik laki-laki maupun perempuan harus bersikap baik dan tidak saling mengganggu. Selain itu, masyarakat juga perlu menghindari dan mencegah berbagai tindakan asusila yang melanggar norma.

Jika didapati kasus tindakan asusila di lingkungan terdekat, berikan teguran atau peringatan dan lapor pada Ketua RT untuk melakukan tindakan yang sesuai dengan hukum yang adil. Hindari sikap main hakim sendiri, terlebih dengan melakukan kekerasan. Tindakan ini hanya akan membawa kerugian yang tidak dapat menyelesaikan masalah. Utamakan sikap yang adil dan berperikemanusiaan dalam menyelasaikan berbagai masalah di lingkungan sosial.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami