Cara Mempercantik Diri Menurut Islam, Ketahui Hukumnya

Cara Mempercantik Diri Menurut Islam, Ketahui Hukumnya
ilustrasi berdoa. © pexels.com/Thirdman
JATENG | 25 Juli 2022 14:36 Reporter : Ayu Isti

Merdeka.com - Seperti diketahui, tren perawatan kulit dan make up kini semakin banyak diikuti oleh masyarakat. Mulai dari anak perempuan remaja hingga perempuan dewasa selalu tertarik untuk mengikuti perkembangan dunia kecantikan yang ada. Tren kecantikan ini tidak lain mempromosikan kulit yang sehat dan tampilan riasan wajah yang terlihat indah dan cantik.

Dengan adanya tren ini, sebagian dari Anda khususnya masyarakat Islam, tentu bertanya-tanya bagaimana Islam memandang tentang hal ini. Apakah seorang, terutama wanita diperbolehkan mempercantik diri. Lalu bagaimana hukum dalam Islam tentang fenomena ini.

Dalam agama Islam, telah dijelaskan bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman. Begitu juga dengan keindahan, bahwa Allah menyukai sesuatu yang memiliki nilai keindahan. Meskipun begitu, Islam memiliki batasan-batasan tersendiri dalam hal mempercantik diri.

Dalam hal ini, terdapat beberapa cara mempercantik diri menurut Islam yang perlu Anda perhatikan. Mulai dari kandungan apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan dalam produk perawatan kulit, metode apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan, serta batasan apa yang seharusnya dipraktikkan dalam mempercantik diri.

Sebagai hal umum yang banyak dilakukan masyarakat, maka penting bagi Anda untuk mengetahui hukum dan cara mempercantik diri menurut Islam. Dari berbagai sumber, berikut kami merangkum penjelasannya untuk Anda.

2 dari 4 halaman

Hukum Mempercantik diri Menurut Islam

Sebelum mengetahui cara mempercantik diri menurut Islam, perlu dipahami terlebih dahulu bagaimana hukum mempercantik diri dalam Islam. Seperti disebutkan sebelumnya, hukum mempercantik diri dalam Islam diperbolehkan.

Ini didasarkan pada sebuah hadist riwayat Muslim, yang menjelaskan bahwa Allah itu indah dan mencintai keindahan. Oleh karena itu, diperbolehkan bagi umat muslim untuk mempercantik atau memperindah diri. Bahkan dianjurkan bagi umat muslim untuk selalu menjaga keindahan agar dicintai oleh Allah.

Alasan kedua, mempercantik diri dalam Islam adalah sebuah ibadah. Mempercantik diri juga berarti menjaga tubuh tetap bersih, merawat tubuh agar selalu sehat, serta memperhatikan kerapian sehingga memberikan tampilan yang indah dan nyaman dilihat. Dengan begitu, mempercantik diri juga termasuk sebagai ibadah yang dilakukan untuk mendapatkan ridho kebaikan dari Allah.

3 dari 4 halaman

Cara Mempercantik Diri Menurut Islam

Setelah mengetahui hukum mempercantik diri dalam Islam, berikutnya akan dijelaskan bagaimana cara mempercantik diri menurut Islam. Dalam hal ini, Islam memang memperbolehkan bahkan menganjurkan umatnya untuk memperhatikan kebersihan, keindahan, dan kecantikan. Meskipun begitu, terdapat batas-batas yang perlu diperhatikan.

Berikut beberapa cara mempercantik diri menurut Islam dan batasannya, perlu Anda ketahui:

  • Memperhatikan kandungan produk perawatan kulit dan kecantikan. Dalam hal ini, dianjurkan untuk menggunakan produk yang aman dan berasal dari bahan atau kandungan yang baik. Sebaliknya, hindari produk perawatan kulit atau kecantikan yang menggunakan bahan kandungan haram, seperti kandungan minyak atau daging babi, dan yang lainnya.
  • Hindari merubah bentuk asli fisik. Perawatan kecantikan memang diperbolehkan, namun dilarang untuk merubah bentuk asli dari fisik yang telah diberikan oleh Allah. Dalam hal ini, dilarang menyuntik bahan pemutih, mencukur alis, memancungkan hidung, menyambung rambut, mengubah bentuk dagu agar lebih lancip, hingga menyuntik bahan pembesar untuk bagian-bagian tertentu dalam tubuh, seperti payudara atau bokong.
  • Hindari mendapatkan produk perawatan kulit dari cara yang haram. Misalnya, Anda mendapatkan uang dari hasil mencuri atau berdagang dengan praktik riba, untuk membeli kebutuhan sehari-hari, termasuk produk kecantikan.
  • Hindari mempercantik diri secara berlebihan. Agama Islam mengajarkan untuk bersikap secukupnya, berada di tengah-tengah, tidak kurang dan tidak berlebihan. Dalam penggunaan produk perawatan kulit dan kecantikan, gunakan sewajarnya, ikuti sesuai anjuran agar tetap memberikan jaminan aman dan sehat. Jika digunakan berlebihan dan asal, tidak mengikuti aturan, dikhawatirkan dapat memberikan efek buruk pada kesehatan.
  • Mempercantik diri tidak untuk pamer atau sombong. Artinya, mempercantik diri perlu didasarkan pada niat ibadah untuk mendapat kebaikan dari Allah. Tidak untuk bersikap pamer dan sombong pada orang lain, dari apa yang dikenakan, apa yang digunakan, dan sebagainya.
4 dari 4 halaman

Mempercantik Hati

Setelah mengetahui cara mempercantik diri menurut Islam, terakhir dijelaskan bahwa dalam Islam, mempercantik diri bukan hanya dari segi fisik, tetapi juga hati atau kalbu. Dalam hal ini, disebutkan bahwa terdapat beberapa cara mempercantik diri menurut Islam yang tidak hanya berguna untuk kebaikan fisik, tetapi juga hati dan keimanan.

Seperti, bibir yang cantik bisa didapatkan dengan selalu memperbanyak bacaan dzikir. Bacaan dzikir yang diamalkan dapat membuat seseorang penuh dengan energi positif sehingga dapat memberikan tampilan yang nyaman dan teduh. Bibir yang cantik juga bisa didapatkan dengan selalu menyebarkan salam dan bersifat ramah terhadap sesama.

Contoh lainnya, tubuh dengan berat badan yang ideal dan sehat, bisa didapatkan dengan mengamalkan ibadah puasa sunah. Ibadah puasa secara alami berguna untuk detoksifikasi tubuh, membuang racun-racun dalam tubuh, dan membuat tubuh lebih sehat dan bugar. Selain itu, puasa juga dapat menambah pahala yang berguna kelak di kemudian hari.

Terakhir, mempercantik diri dari hati bisa didapatkan dengan selalu belajar untuk berakhlakul karimah, berkepribadian yang baik, berwawasan luas, percaya diri, serta berpikir positif. Beberapa sifat ini dapat memberikan pancaran atau aura yang baik, sehingga akan terlihat cantik, bukan hanya dari luar, tetapi juga dari dalam atau pembawaan dirinya.

(mdk/ayi)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini