Cari tahu cara mudah lakukan latihan lari estafet 4 x 100 meter

PENDIDIKAN | 19 Juli 2016 14:00 Reporter : Dewi Ratna

Merdeka.com - Latihan adalah salah satu kunci penting dalam sebuah kemenangan. Namun latihan ini harus dilakukan dengan teknik yang benar. Ada sebuah teknik dalam nomor lari estafet ini, yaitu latihan teknik lari estafet jarak 4 x 100 meter. Latihan ini dilakukan untuk meningkatkan keterampilan dalam lari estafet. Lalu, bagaimana cara melakukannya? Check this out!

  1. Latihan lari sambung jarak 4 x 100 meter ini nggak membutuhkan timing seperti waktu estafet lari jarak pendek. Waktu yang terbuang saat pergantian tongkat harus dibatasi. Karena itulah, pelari pertama harus sudah memulai larinya sebelum pelari kedua mencapi tempat postnya. Hal ini dilakukan karena start yang baik adalah dengan tetap menjada langkah lari yang baik atau racing phase.
  2. Pelari awal boleh mengambil letak kaki yang sama ke depan seperti saat melakukan start lari sprint. Nggak cuma itu, pelari pertama juga bisa menopang tubuhnya dengan satu tangan dalam sikap start jongkok. Namun, peraturannya adalah meletakkan kaki di belakang sesuai dengan tangan yang akan menerima tongkat. Hal ini sangat penting karena pelari membawa tongkat dalam kecepatan yang sama dan pergantian akan dilakukan ketika penerima mencapai kecepatan maksimalnya.
  3. Regu estafet harus benar-benar dipilih dari pelari yang mewakili setiap tahapan yang ada seperti pelari 100 meter pertama yang punya start bagus, pelari 200 meter kedua haruslah pelari yang ahli dalam tikungan, pelari ketiga adalah pelari yang tangguh sedangkan pelari terakhir adalah pelari yang memiliki banyak semangat.

Nah, sekarang kamu sudah tahu tentang apa yang harus kamu lakukan dan praktekkan dalam latihan teknik lari estafet 4 x 100 meter kan?

(mdk/iwe)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.