Duduk Perkara Kapolsek Gambir Terinjak-injak Massa Demo Rusuh di Patung Kuda

Duduk Perkara Kapolsek Gambir Terinjak-injak Massa Demo Rusuh di Patung Kuda
Aksi Unjuk Rasa Mahasiswa di Patung Kuda. ©2022 Liputan6.com/Faizal Fanani
NEWS | 21 Mei 2022 12:39 Reporter : Ronald

Merdeka.com - Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh mahasiswa di kawasan Patung Kuda, Jakarta Selatan, pada Jumat (20/5) sore, berakhir ricuh. Massa berusaha menerobos barikade pengamanan kepolisian.

Aksi itu awalnya berjalan dengan tertib. Namun, tiba-tiba sekelompok orang yang bukan dari kalangan mahasiswa bergabung. Kelompok bukan mahasiswa itu mencoba membuat kericuhan dengan menerobos penjagaan aparat kepolisian.

Atas hal itu, tiga anggota kepolisian menjadi korban. Salah satunya adalah Kapolsek Metro Gambir Kompol Rango Siregar. Ia mengalami luka-luka usai terinjak oleh massa.

"Sempat terjadi dorong-dorongan, dan sempat jatuh kemudian diinjak massa tersebut," ujar Kapolres Jakarta Pusat Kombes Komarudin saat dikonfirmasi, Sabtu (21/5)

Akibat ulah kelompok yang tidak dikenal itu terjadi provokasi.

"Jadi kronologi saat aksi berlangsung ada kelompok baru yang memasuki aksi, mereka memaksakan diri menerobos barisan petugas yang saat itu sedang mengamankan atau memisahkan aktivitas masyarakat dengan yang aksi," kata Komarudin.

Masih Dirawat

Komarudin menyampaikan, hingga saat ini kondisi anggotanya telah berangsur pulih. Namun satu anggota masih perlu ditangani serius oleh tim medis. Dalam hal ini, ia tak menjelaskan siapa anggota tersebut.

"Alhamdulillah sudah berangsur pulih, hanya 1 yang saat ini memang harus mendapatkan tindakan lebih lanjut menunggu hasil rontgen," katanya.

Komarudin menegaskan, atas peristiwa itu Kepolisian bergerak cepat untuk menangkap para pelaku. Alhasil sebanyak 26 orang ditangkap.

"Untuk pendemo dari Patung Kuda di amankan sebanyak 26 orang, di antaranya orator, termasuk provokator di sana juga kelompok-kelompok yang juga ternyata mereka bukan kelompok mahasiswa," tegasnya.

"Sekali lagi yang diamankan kemarin bukan kelompok mahasiswa, saat ini sedang ditangani oleh Ditreskrimum Polda Metro Jaya," katanya.

Baca juga:
Simak, Pengalihan Arus Lalu Lintas saat Demo di Patung Kuda & DPR Hari Ini
Catat, 2 Lokasi Ibu Kota akan Dipadati Massa Buruh dan Mahasiswa Hari Ini
Komisi III Jelang 21 Mei: Silakan Demo, Niatnya Jangan Rebut Kekuasaan
Penjelasan Polri, Unjuk Rasa Wajib Kirim Surat Pemberitahuan Bukan Minta Izin
DPR Ingatkan Massa Aksi Tak Angkat Isu Pemakzulan
Mahasiswa Trisakti Gelar Aksi Peringatan Tragedi 12 Mei 98

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami