PKS Buat Lomba Kitab Kuning, Salim Segaf Sebut Penghormatan terhadap Ulama & Santri

PKS Buat Lomba Kitab Kuning, Salim Segaf Sebut Penghormatan terhadap Ulama & Santri
Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri. ©2021 Merdeka.com
NEWS | 20 Oktober 2021 20:30 Reporter : Henny Rachma Sari

Merdeka.com - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar lomba baca kitab kuning ke-5 tahun 2021 memperingati Hari Santri Nasional dan Maulid Nabi Muhammad SAW. Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri mengatakan acara merupakan bentuk penghormatan terhadap para ulama dan santri.

"Lomba ini sekaligus sebagai bentuk penghormatan terhadap ilmu para ulama sebagai pewaris para nabi. Serta bentuk apresiasi terhadap para santri yang giat mempelajari ilmu agama sebagai bekal pembentukan karakter bangsa. Di samping itu, lomba ini merupakan upaya untuk mengokohkan nasionalisme Indonesia yang relijius," ungkap Salim dalam webinar 'Meneladani Ulama dan Santri Dalam Menghadirkan Harmoni Anak Bangsa', Rabu (20/10).

Menteri Sosial RI 2009-2014 ini menggarisbawahi pentingnya menghormati ulama dan santri karena mereka selalu hadir sepanjang sejarah Indonesia sebelum kemerdekaan, saat melawan penjajahan, pembentukan dasar dan konstitusi negara serta dalam mempertahankan kemerdekaan. Ulama selalu hadir dengan ijtihadnya yang solutif dalam setiap permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia.

"Islam, ulama, dan santri adalah faktor penting dari keindonesiaan. Kehadiran mereka merekat persatuan, menjaga harmoni di tengah kemajemukan, mengkohkan cinta tanah air, menjaga karakter bangsa, dan memajukan Indonesia. Sejak dulu fatsoen politik ulama dan umat Islam bercirikan kebangsaan dan wasathiyah. Maka, jangan sekali-kali melupakan sejarah "jas merah" dan jangan sekali-kali menghilangkan jasa ulama "jas hijau"," ungkapnya.

Acara yang dihelat secara virtual melalui akun resmi PKS ini menghadirkan narasumber K.H. Toha Kholili (Pengasuh Ponpes Al-Muntaha Alkholiliyah, Bangkalan, Madura, Jatim) dan KH. Asep Ahmad Fathurrahman (Pengurus MUI Jawa Barat/Pengasuh Ponpes Modern Nur Rohmah Bandung Jabar) serta dibuka secara resmi oleh Ketua Majelis Syuro PKS Salim Segaf Aljufri. (mdk/rhm)

Baca juga:
PKS Desak Pemerintah Jamin Pembiayaan Bagi Pasien Long Covid-19
Membangun Partai Tidak Mudah, PKS Ajak Eks Pegawai KPK Bergabung
PKS Minta Pemerintah Jangan Paksakan Proyek Infrastruktur yang Tidak Layak Diteruskan
PKS: Gerindra Percaya Diri Duet Prabowo-Puan akan Terwujud
Prabowo Bakal Nyapres Lagi, PKS Siapkan Salim Segaf Aljufri untuk Pilpres 2024
PKS Dukung Opsi Pemilu 2024 Digelar Bulan Februari

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami