11 Penyebab Hidung Tersumbat saat Bangun Tidur Walau Tidak Sedang Pilek

11 Penyebab Hidung Tersumbat saat Bangun Tidur Walau Tidak Sedang Pilek
ilustrasi alergi. ©2015 Merdeka.com/shutterstock
SEHAT | 12 Januari 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Hidung tersumbat dan buntu merupakan masalah menyebalkan yang bisa kita alami sehari-hari. Masalah ini bisa semakin menyebalkan ketika kita mengalaminya di pagi hari saat sedang bangun tidur.

Kondisi ini biasanya menyebabkan hidung menjadi penuh ingus serta kamu harus terus-terusan mendongak. Hal ini bisa membuat mood milikmu menjadi berantakan dari pagi hari.

Hidung mampet ini bisa dipahami ketika kamu sedang demam atau sakit lain. Namun pada sejumlah orang, kondisi ini kadang terjadi begitu saja tanpa adanya demam atau pilek.

Namun selain pilek, ternyata terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan kondisi ini. Dilansir dari Livestrong, Abbas Anwar, MD, dokter dari Providence Saint John's Health Center di Santa Monica, California mengatakan bahwa hidung mampet ini biasanya muncul akibat peradangan dan iritasi di jaringan nasal.

Secara garis besar, selain pilek, terdapat 11 alasan penyebab hidung mampet saat bangun tidur. Berikut sejumlah penyebab serta cara menanganinya.

1. Infeksi Sinus

Infeksi sinus bisa menjadi penyebab hidung mampet di malam hari. Kondisi ini biasanya disertai rasa sakit dan lembek di wajah, ingus berwarna hijau atau kuning, dan bau mulut. Infeksi ini biasanya berkembang dari demam atau alergi ketika bakteri, virus, atau jamur menyebabkan iritasi pada sinus.

Cara Menanganinya: Sebagian besar kasus infeksi sinus bisa sembuh setelah 7 hingga 10 hari. Minyoung Jang, MD dari Columbia University Medical Center New York menyatakan bahwa obat-obatan herbal bisa jadi cara meredakan masalah ini hingga akhirnya sembuh.

2 dari 6 halaman

Alergi dan Udara Kering

udara kering

2. Alergi

Alergi musiman atau yang tiba-tiba muncul bisa menyebabkan hidung mampet di pagi hari. Hal ini terutama ketika kamu mengalami alergi akibat sesuatu yang ada di kamarmu seperti debu atau hal-hal lainnya.

Cara Menanganinya: Sebisa mungkin hindari penyebab alergi yang kamu alami. Bersihkan kamar sesering mungkin agar alergi yang kamu alami tidak kambuh.

3. Udara dalam Ruangan yang Kering

Kondisi udara kamar dengan kondisi terlalu kering tidak hanya menimbulkan masalah kulit namun juga membuat hidung mampet. Ketika kelembapan udara rendah, tubuh akan berusaha memproduksi lendir agar hawa kering ini tidak masuk ke paru-paru. Kondisi inilah yang kemudian menyebabkan hidung menjadi beringus dan mampet di pagi hari.

Cara Menanganinya: Menggunakan humidifier atau pelembap udara bisa membantu menangani masalah ini.

3 dari 6 halaman

Merokok dan Asam Lambung

asam lambung

4. Merokok

Merokok merupakan iritan lingkungan yang bisa menyebabkan peradangan kronis pada saluran udara. Kondisi ini bisa menurunkan kemampuan hidung untuk membersihkan ingus. Bagi perokok, terjadinya hidung mampet di pagu hari ini mungkin bisa jadi hal yang sering dialami.

Cara Menanganinya: Segera berhenti merokok.

5. Asam Lambung

Asam lambung tidak hanya menyebabkan iritasi pada tenggorokan saja namun juga dapat membuat hidung mampet. Asam lambung cenderung menjadi parah di malam hari dan meningkatnya masalah ini bisa memengaruhi tenggorokan dan hidung sehingga munculnya masalah hidung mampet di pagi hari.

Cara Menanganinya: Hindari makanan yang bisa memicu masalah asam lambung, makan maksimal tiga jam sebelum tidur, serta posisikan bantal lebih tinggi ketika tidur.

4 dari 6 halaman

Tidur Tengkurap dan Konsumsi Obat Tertentu

dan konsumsi obat tertentu

6. Tidur Tengkurap

Jika masalah hidung mampet yang kamu alami tak disertai gejala lain, bisa jadi hal ini akibat posisi tidurmu. Tidur tengkurap menyebabkan lebih banyak darah di kepala dan hidung serta membuat amasalah asam lambung lebih parah.

Cara Menanganinya: Tidur secara telentang atau miring merupakan posisi tidur terbaik untuk mencegah sejumlah masalah kesehatan.

7. Obat yang Dikonsumsi

Konsumsi obat tertentu terutama yang baru bisa menjadi penyebab hidung mampet yang kamu alami. Kondisi ini rentan dialami usai mengonsumsi obat hipertensi, disfungsi ereksi, depresi, dan kejang. Sejumlah obat seperti aspirin dan ibuprofen juga bisa menjadi penyebab masalah ini.

Cara Menanganinya: Konsultasi dengan dokter terkait masalah kesehatan yang dialami usai mengonsumsi obat-obatan tertentu.

5 dari 6 halaman

Deviasi Septum dan Penggunaan Dekongestan Nasal

dan penggunaan dekongestan nasal

8. Deviasi Septum

Penyumbatan di hidung juga bisa terjadi akibat masalah struktural hidung yang umumnya berupa deviasi septum. Masalah ini cukup umum dialami banyak orang dan bisa menyebabkan hidung tersumbat, sering sakit kepala, sakit di wajah, suara napas yang keras, mimisan, serta mendengkur.

Cara Menanganinya: Jika kamu mengalami masalah ini, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter.

9. Terlalu Sering Menggunakan Dekongestan Nasal

Dekongestan nasal tertentu bisa mengatasi hidung tersumbat dengan sangat cepat. Namun ketika kamu menggunakannya berhari-hari, maka justru bisa memicu peradangan nasal yang justru menyebabkan hidung tersumbat.

Cara Menanganinya: Batasi penggunaan dekongestan ini serta jangan menggunakannya dalam jangka waktu lama berturut-turut.

6 dari 6 halaman

Hamil dan Masalah Kesehatan Lain

masalah kesehatan lain

10. Sedang Hamil

Berdasar sebuah hasil penelitian, satu dari lima wanita mengalami hidung tersumbat ketika sedang hamil. Hal ini bisa disebabkan oleh hormon yang muncul saat hamil.

Cara Menanganinya: Bagi wanita hamil, semprotan hidung boleh digunakan. Walau begitu, cara lain seperti menggunakan humidifier, mencuci hidung, mengangkat kepala saat tidur, dan berolahraga juga bisa diterapkan.

11. Masalah Kesehatan yang Dialami

Sejumlah kondisi kesehatan lain bisa menyebabkan penyumbatan hidung kronis di pagi hari. Hal ini bisa disebabkan hhipotiroid, sindrom kelelahan kronis, serta diabetes. Masalah lain yang juga bisa menyebabkan hidung tersumbat ini adalah polip.

Cara Menanganinya: Segera konsultasi ke dokter jika kamu memiliki sejumlah masalah kesehatan tersebut dan mengalami hidung tersumbat. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kenali Penyebab Alergi pada Anak dan Bisakah Diatasi Pola Makan Plant Based?
Mengapa Gigi Bungsu Baru Tumbuh di Usia Remaja dan Dewasa?
6 Masalah Kesehatan yang Bisa Muncul dari Kebiasaan Memangku Laptop
Anak Kondisi Pendek Belum Tentu Mengalami Stunting
Ketahui Penyebab Munculnya Masalah Penyempitan Saluran Kemih Bagian Bawah pada Pria

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami