5 Makanan dan Minuman yang Bisa Mendinginkan Tubuh dan Kepala

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Mendinginkan Tubuh dan Kepala
SEHAT | 31 Mei 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Cuaca yang panas dan terik merupakan hal yang kita hadapi tiap hari di negara tropis seperti Indonesia. Oleh karena itu, melindungi diri dari sengatan udara panas tersebut banyak dilakukan orang.

Salah satu cara lezat dalam mendinginkan diri adalah melalui konsumsi makanan dan minuman. Minum es merupakan cara mudah untuk membuat tubuh menjadi dingin dan segar.

Sejumlah makanan dan minuman tertentu memiliki efek yang bisa membantu dalam mendinginkan diri ini. Selain itu, pada sejumlah makanan dan minuman ini terdapat juga khasiat yang bisa membantu menurunkan berat badan.

Kondisi tubuh yang sudah dingin bisa membuat kepala menjadi dingin dan kamu tak mudah terpicu emosi. Dilansir dari Medical Daily, berikut sejumlah makanan dan minuman yang bisa membantu dalam menyegarkan diri sekaligus menurunkan berat badan.

1 dari 5 halaman

Air Kelapa

Air kelapa merupakan salah satu minuman segar yang bisa sangat mudah kita temui. Selain menyegarkan, minuman ini juga mengandung elektrolit yang bisa membuatmu kembali bertenaga dan mencukupi kebutuhan asupan air bagi dirimu.

2 dari 5 halaman

Mentimun

Mentimun bisa diolah menjadi berbagai macam hal baik sebagai lalapan atau bahkan menjadi minuman. Sarat kandungan mineral dan antioksidan, mentimun juga memiliki kandungan air sebesar 95 persen sehingga dipastikan memenuhi kebutuhan air harianmu.

3 dari 5 halaman

Semangka

Serupa dengan mentimun, semangka juga merupakan buah yang sebagian besar berupa air. Deretan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh juga dikandung oleh buah ini dengan takaran gula yang tak terlalu berlebih.

4 dari 5 halaman

Mint

Mint merupakan tanaman herba yang menyegarkan dan memiliki kemampuan meningkatkan kekebalan tubuh. Tanaman herba ini juga mampu membuat pencernaan berjalan lebih baik sehingga kamu terhindar dari masalah perut.

5 dari 5 halaman

Dadih

Dadih atau tahu susu merupakan salah satu bentuk susu yang sudah dikentalkan dalam bentuk menggumpal. Sama dengan mint, selain bisa mendinginkan tubuh, dadih juga bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Kandungan bakteri baik di dalamnya memastikan perut tetap sehat dan tetap terjaga.

Sejumlah makanan dan minuman tersebut bisa jadi cara yang lezat dalam mendinginkan tubuh. Manfaat luar biasa lain dari makanan dan minuman tersebut juga membuatnya sangat bermanfaat untuk kamu konsumsi. (mdk/RWP)

Baca juga:
Tinggi Kalori, Batasi Jumlah Konsumsi Kue Kering Lebaran
Deretan Cara Alami yang Bisa Membantu Mengatasi Nyeri Akibat Asam Urat
Kenali Sejumlah Dampak Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Kulit Ikan
Kenali Kandungan Tinggi Kalori dari Kue Lebaran, Jangan Konsumsi Berlebihan!
5 Manfaat Kesehatan Luar Biasa yang Bisa Diperoleh dari Belimbing Wuluh
Amankah Memanasi Opor Hingga Berkali-Kali di Momen Lebaran?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Agama Sejatinya Tidak Menyulitkan Umatnya - MERDEKA BICARA with Menteri Agama Fachrul Razi

5