6 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Olahraga dan Bisa Membuatmu Lebih Tua

SEHAT | 28 September 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berolahraga merupakan sebuah hal yang menyehatkan serta bisa membuatmu tampak lebih muda. Aktivitas yang kamu lakukan ini bisa menyehatkan sejumlah organ tubuh dan kehidupanmu.

Namun walau memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang tak main-main, terdapat sejumlah hal yang harus kamu perhatikan. Ketika berolahraga, kamu tak bisa sembarangan karena justru bisa menimbulkan dampak negatif.

Ketika kamu berolahraga secara sembarangan dan sembrono, terdapat sejumlah cedera yang bisa kamu alami. Efek yang membuatmu muda juga bisa tak terwujud dan malah membuatmu jadi terlihat dan terasa semakin tua.

Melakukan olahraga tertentu secara berlebihan bisa menimbulkan masalah kesehatan dan membuatmu kelelahan. Dua hal itu bisa membuatmu yang seharusnya bugar malah merasa lelah dan tua.

Terdapat sejumlah kesalahan ketika berolahraga yang bisa kamu lakukan dan membuatmu menjadi terasa dan tampak lebih tua. Dilansir dari Times of India, berikut sejumlah kesalahan ketika berolahraga yang biasa kamu lakukan.

1 dari 6 halaman

Kurang Memperhatikan Postur Punggung

Seberapa pun banyaknya olahraga yang kamu lakukan, namun juga mengesampingkan postur punggung maka hal ini bakal percuma. Postur tubuh yang buruk atau punggung kaku bisa membuat tulang punggung melengkung dan menyebabkan masalah kesehatan.

Postur tubuh yang buruk dan bungkuk ini bisa membuatmu tampak lebih tua dari usia aslimu. Oleh karena itu, penting untuk melatih juga otot punggung dan memperbaiki postur tubuhmu.

2 dari 6 halaman

Terlalu Banyak Melakukan Olahraga Kardio

Walau olahraga kardio mudah dilakukan dan sangat tepat untuk menurunkan berat badan, namun berlebihan melakukannya bisa berdampak buruk untuk tubuh. Seiring bertambahnya usia, otot dan tulang yang kurang olahraga bisa menua dan memperlambat kerja tubuh.

Disarankan untuk melakukan juga olahraga angkat beban atau fokus pada kekuatan tubuh setidaknya dua kali seminggu. Hal ini bisa mengimbangi manfaat olahraga yang kamu lakukan dan mendapat manfaat kesehatannya secara tepat.

3 dari 6 halaman

Kurang Melakukan Olahraga HIIT

Penelitian mengungkap bahwa HIIT (High-Intensity Interval Training) bisa memperlambat penuaan pada tingkat sel. Oleh karena itu, penting melakukan olahraga ini juga pada aktivitasmu sehari-hari.

Olahraga jenis ini mampu meningkatkan energi di dalam tubuh, meningkatkan tingkat metabolisme, serta sensitifitas insulin dalam tubuh. Seluruh manfaat tersebut merupakan hal yang penting untuk memperlambat penuaan dalam tubuh.

4 dari 6 halaman

Kurang Menguatkan Panggul

Olahraga yang menguatkan otot panggul sangat penting untuk dilakukan. Ketika tubuh menua, otot panggul membutuhkan perhatian ekstra.

Kurangnya melatih otot panggul bisa menimbulkan masalah pada perut, ginjal, dan menimbulkan risiko infeksi saluran kencing. Salah satu olahraga yang bisa dilakukan untuk memperkuat bagian ini adalah kegel.

5 dari 6 halaman

Kurang Pemanasan

Pemanasan sebelum berolahraga dan pendinginan setelah berolahraga merupakan hal yang tak boleh dilupakan. Melewatkan tahap ini bisa memicu kaku otot dan jaringan yang bisa berdampak pada penuaan prematur pda tingkat sel.

Pemanasan juga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh sehingga kamu lebih baik saat berolahraga. Oleh karena itu, tahap ini tidak bisa kamu kesampingkan begitu saja.

6 dari 6 halaman

Terlalu Banyak Berolahraga

Istirahat juga memiliki peran yang tak kalah penting dibanding olahraga. Ketika kamu terlalu banyak berolahraga, manfaat yang harusnya kamu peroleh dari olahraga malah tidak dapat diperoleh.

Memberi waktu bagi tubuh untuk beristirahat dan memulihkan diri, sangat penting dalam tahapan olahraga. Hal ini bisa menurunkan tingkat kortisol yang mampu menurunkan kortisol sehingga membantu melawan stres dan berbagai masalah kesehatan lain.

Sejumlah kesalahan tersebut sebaiknya kamu hindari ketika berolahraga. Bukannya membuat bugar dan awet muda, sejumlah kesalahan tersebut bisa membuatmu tampak dan terasa lebih tua. (mdk/RWP)

Baca juga:
Begini Cara Aman untuk Berolahraga di Tengah Kepungan Kabut Asap
3 Tanda yang Muncul Tanpa Disadari Ketika Tubuhmu Mengalami Masalah Kebugaran
Berapa Sih Sebenarnya Jumlah Push-Up yang Ideal Kamu Lakukan?
6 Pengganti Kopi yang Bisa Memberimu Suntikan Semangat di Pagi Hari
5 Cara Mudah dan Sederhana untuk Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Penglihatan
6 Manfaat Kesehatan yang Bisa Diperoleh dari Melakukan Olahraga Bela Diri

TOPIK TERKAIT