8 Cara Bagi Lansia untuk Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari

8 Cara Bagi Lansia untuk Tidur Lebih Nyenyak di Malam Hari
Ilustrasi Orang Tua. ©manrepeller.com
SEHAT | 14 Mei 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Perubahan jam tidur merupakan suatu hal yang kerap terjadi pada seseorang. Hal ini biasanya semakin rentan terjadi seiring bertambahnya usia.

Pada saat semakin tua, banyak orang mengeluhkan bahwa mereka menjadi semakin sulit untuk cepat tidur. Selain itu, gangguan tidur juga kerap terjadi pada orang dengan usia lanjut.

Para orang tua umum terbangun sangat pagi atau juga sering terbangun berkali-kali ketika tidur. Terbangun di malam hari ini biasa terjadi karena hal seperti kecemasan, hendak ke kamar mandi, atau rasa tak nyaman yang muncul akibat penyakit.

Bagi lansia, tidur lebih nyenyak di malam hari tetap bisa dicapai dengan beragam cara. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah cara yang bisa dilakukan oleh lansia agar tidur semakin nyenyak di malam hari.

1. Perhatikan Obat yang Dikonsumsi

Pastikan untuk menggolongkan obat yang dikonsumsi dan kenali jenisnya. Pastikan untuk obat yang bisa mengganggu jam tidur seperti diuretik untuk dikonsumsi pada pagi hari agar tidak mengganggu tidurmu.

2. Jangan Minum Terlalu Banyak di Malam Hari

Minum terlalu banyak di malam hari bisa membuat Anda mengalami gangguan tidur. Hal ini terjadi pasalnya Anda jadi butuh untuk ke kamar mandi berkali-kali. Pastikan untuk berhenti minum tiga hingga empat jam sebelum tidur.

2 dari 4 halaman

Perhatikan Kondisi Pencahayaan dan Kasur di Kamar

3. Perhatikan Sekeliling Kasur

Mengatur posisi bantal guling di sekitar kasur bisa sangat membantu mengatasi masalah tidak nyaman ketika tidur. Pastikan untuk mengatur kasur dalam posisi yang bisa meredakan rasa sakit di bagian yang mungkin Anda alami.

4. Atur Pencahayaan

Sangat disarankan untuk mencegah cahaya yang terlalu terang pada saat sore dan malam hari agar Anda bisa cepat tertidur. Namun jika Anda merupakan orang yang kerap terbangun di pagi dini hari, disarankan untuk menyalakan lampu dengan terang hingga cukup malam ahar tidak cepat tertidur.

3 dari 4 halaman

Banyak Bergerak dan Hindari Tidur Siang

dan hindari tidur siang

5. Banyak Bergerak

Bagi lansia, olahraga bisa bermanfaat lebih luar biasa ketika dilakukan. Bagi lansia, olahraga bisa membantu membuat tidur semakin cepat, terjaga lebih lama, serta memperoleh kualitas tidur yang lebih baik.

6. Hindari Tidur Siang

Tidur siang lebih dari 20 menit bisa meningkatkan kemungkinan Anda mengalami masalah tidur di malam hari. Hal ini juga bisa terjadi bahkan ketika Anda tidur siang secara tak sengaja seperti sembari menonton televisi.

4 dari 4 halaman

Hindari Kafein dan Cukup Memperoleh Sinar Matahari

7. Hindari Konsumsi Kafein

Ketika mengonsumsi kopi, kandungan kafein di dalamnya bisa bertahan di tubuh lebih lama. Jika memang tidak bisa menghindarinya, batasi konsumsinya setidaknya tiga jam sebelum tidur.

8. Berjemur Sinar Matahari di Siang Hari

Bagi lansia, memperoleh cukup sinar matahari juga merupakan suatu hal yang penting bagi kesehatan. Bagi siklus tidur, hal ini juga bisa sangat berguna untuk mengatur jam tidur.

Baca juga:
Waspadai Terjadinya Mendengkur! Indikasi Adanya Masalah Penyempitan Saluran Napas
Benarkah Mode Gelap Bisa Berdampak Lebih Baik Terhadap Mata dan Kualitas Tidur?
Mengenal Kecanduan Tidur dalam Kondisi Medis, Begini Penjelasan Para Ahli
Ketahui Manfaat Tidur Lebih Awal, Bantu Kendalikan Nafsu Makan
5 Dampak Buruk yang Muncul dari Minum Kopi di Sore dan Malam Hari

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami