Apakah Olahraga Bakal Efektif Ketika Kamu Tak Berkeringat?

SEHAT | 10 Oktober 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bagi banyak orang, olahraga bakal terasa berhasil ketika mereka sudah mandi keringat. Ketika peluh membasahi baju yang digunakan, biasanya mereka merasa bahwa sudah cukup berolahraga.

Walau banyak orang merasa bahwa banyaknya keringat yang menetes ini jadi tanda keberhasilan berolahraga, namun pada beberapa orang hal yang sama tak berlaku. Kondisi berkeringat ini juga tak dapat diterapkan pada semua orang.

Munculnya keringat saat berolahraga ini bisa disebabkan oleh sejumlah hal lain seperti udara panas di luar. Jadi, masih bisakah banyaknya keringat yang keluar dihubungkan dengan efektivitas olahraga?

Dilansir dari Times of India, keringat tidak bisa dihubungkan dengan keberhasilan olahraga yang dilakukan seseorang. Pasalnya, sesi olahraga yang baik adalah mengenai melewati batasan yang kamu miliki.

Ketika berolahraga, seseorang sebaiknya tidak terpaku terus menerus pada porsi olahraga yang sama dan tidak berubah. Kamu disarankan untuk terus meningkatkan olahraga yang kamu lakukan walau hanya sedikit perubahannya.

Keringat berlebih yang keluar seharusnya juga bukan menjadi tujuanmu dalam berolahraga. Pasalnya jika kamu melakukannya hanya hingga keringat keluar dengan deras, maka bisa jadi tujuanmu ketika berolahraga tak terpenuhi.

1 dari 1 halaman

Pentingkah Berkeringat Ketika Berolahraga?

Walau bisa jadi masalah jika keringat tak keluar saat berolahraga, namun hal ini bukanlah yang utama. Efisiensi dan efektivitas olahraga seseorang tak dapat dinilai dari seberapa banyak keringat yang dia hasilkan.

Pada beberapa orang, mereka berkeringat lebih banyak karena kondisi genetik. Olahraga yang dilakukan juga bisa mempengaruhi seberapa banyak keringat yang bakal keluar.

Sebagai contoh, seseorang yang melakukan olahraga memperkuat tubuh keringatnya tidak bakal sebanyak seseorang yang berolahraga kardio. Pasalnya, kerja jantung yang terjadi berbeda antara satu olahraga dengan olahraga lainnya.

Pada beberapa orang, mereka berulang kali melakukan olahraga yang sama untuk memperoleh keringat. Namun hal ini bakal tidak bermanfaat karena bisa berujung olahraga berlebih. (mdk/RWP)

Baca juga:
Lebih Baik Mengonsumsi Air Dingin atau Hangat Setelah Berolahraga?
5 Cara Mengatasi Lemak yang Menggelambir di Pangkal Lengan
5 Cara Jitu Jaga Kadar Kolesterol Tetap pada Ambang Batas Aman
Kelelahan Akibat Kelebihan Olahraga Bisa Turunkan Kapasitas Otak
6 Kesalahan yang Biasa Dilakukan Saat Olahraga dan Bisa Membuatmu Lebih Tua
7 Hal yang Jangan Dilakukan Ketika Perut Sedang Kosong