Begini Cara Cegah Makan Berlebihan Akibat Stres Selama Pandemi COVID-19

Begini Cara Cegah Makan Berlebihan Akibat Stres Selama Pandemi COVID-19
ilustrasi makan berlebih. www.restaurantmealprices.com
SEHAT | 3 Oktober 2020 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi stres dan meningkatnya rasa cemas merupakan salah satu respons tubuh yang muncul di tengah masa pandemi COVID-19 ini. Salah satu gejala dari kondisi stres ini adalah meningkatnya konsumsi makanan sehingga berujung berat badan bertambah.

Senior Director Worldwide Nutrition Education and Training Herbalife Nutrition, Susan Bowerman, menjelaskan, respons alami tubuh terhadap stres membuat manusia lebih aktif dan waspada.

Namun, ketika respons terhadap stres ini terus menerus diaktifkan akan memengaruhi kekebalan tubuh. Sedangkan di saat-saat seperti sekarang ini, kekebalan tubuh sangat diperlukan guna mencegah masuknya virus, termasuk virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19, ke dalam tubuh.

Ketika stres membebani kekebalan tubuh, lanjut Susan, sulit bagi tubuh untuk menangkal segala penyebab penyakit. Susan, menambahkan, sistem kekebalan tubuh akan baik jika makanan yang masuk ke dalam tubuh juga baik.

Sebab, makan makanan kaya nutrisi menjamin terpenuhinya zat gizi di dalam tubuh, sehingga kekebalan tubuh dapat menjadi pertahanan terbaik guna melawan penyakit.

Meskipun Susan menyadari bahwa hal tersebut lebih mudah diucapkan ketimbang dilakukan.

"Stres memang menyebabkan kelelahan dan depresi. Seringkali yang jadi pelarian adalah makanan," kata Susan dilansir dari Health Liputan6.

"Akan tetapi di saat kayak sekarang, tak ada salahnya memikirkan untuk mengganti pola makan. Bila memang ingin yang cepat sekali pun, pastikan makanan tersebut tidak sarat dengan lemak, garam, dan gula," Susan menambahkan.

2 dari 4 halaman

Cegah Makan Berlebihan karena Stres

Menurut Susan, makanan tinggi kalori dapat menstimulasi pelepasan zat kimia tertentu di otak yang membuat kita merasa lebih baik.

Sayangnya, itu terjadi dalam jangka pendek. Akibatnya, muncul perasaan untuk ingin makan terus.

"Perlu diingat bahwa makan berlebihan dapat menyebabkan pertambahan berat badan, yang dapat berujung pada tekanan psikologis dan berakhir dengan makan lebih banyak lagi," katanya.

3 dari 4 halaman

Tips Agar Tidak Makan Berlebihan Disebabkan Stres

Susan pun memberikan tips mengusir stres agar kita dapat mengatur kebiasaan makan menjadi baik:

Makan makanan seimbang

Cobalah untuk memasukkan beberapa protein tanpa lemak, seperti unggas, telur, produk susu rendah lemak, daging tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan atau produk kedelai ke dalam menu makanan sehari-hari.

Protein memuaskan rasa lapar dan membantu kita tetap waspada secara mental. Lengkapi makanan sehari-hari kita dengan buah-buahan segar, sayuran, dan biji-bijian.

Makan secara teratur dan jangan melewatkan waktu makan

Saat dilanda stres, kita jadi mudah untuk menunda makan atau bahkan melewatkannya sama sekali. Akibatnya, tingkat energi akan menurun, dan kita mungkin akan berhenti makan lalu beralih ke makanan ringan.

"Jika stres merupakan pembunuh napsu makan, cobalah makan makanan dalam jumlah sedikit lebih sering sepanjang hari," kata Susan.

4 dari 4 halaman

Tips Lainnya

Coba hindari makan sebagai pereda stres

Jalan cepat atau secangkir teh herbal mungkin berhasil untuk mengurangi stres. Akan tetapi, jika memang merasa perlu makan, makanan keras yang renyah membantu menghilangkan stres dengan melatih otot rahang yang kencang. Cobalah mengemil segenggam almond, kacang kedelai, atau wortel.

Kurangi kafein

Menurut Susan, orang seringkali beralih ke kafein untuk mengembalikan mood. Ingat, kafein berlebihan dapat mengganggu waktu tidur malam.

"Jika kafein membuat Anda terjaga di malam hari, ganti dengan minuman hangat lain yang dapat membantu Anda rileks," ujarnya.

Jangan makan di meja kerja

Sekali pun saat ini sedang kerja dari rumah, usahakan untuk tidak makan sambil bekerja. Lepas sejenak tanggung jawab yang diberikan, untuk fokus ke piring makan yang ada di depan kita.

Makan di tempat yang tepat bisa menghindarkan kita dari stres atau makan berlebih. Kondisi ini bisa membuat kita tetap sadar ketika makan dan terhindar dari makanan berlebih.

Reporter: Aditya Eka Prawira
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Beri Tips Ini untuk Orang Tua, Biar Anak Tidak Stres
Bermain Video Games Bisa Berdampak Positif pada Kognitif dan Emosional Seseorang
14,4 Persen Orang Dewasa di Indonesia Alami Kecanduan Internet Selama Pandemi
Tidur Cukup Bisa Buat Orang Menanggapi Peristiwa dengan Lebih Baik
4 Jenis Olahraga yang Paling Baik Dilakukan ketika Kamu Sedang Stres
Olahraga Terbukti Bisa Bantu Seseorang Pulih Lebih Cepat dari Stres

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami