Mitos atau Fakta: Tubuh Perlu Minum 8 Gelas Air Tiap Hari

Mitos atau Fakta: Tubuh Perlu Minum 8 Gelas Air Tiap Hari
ilustrasi minum air putih. ©pexels-Daria Shevtsova
SEHAT | 17 Mei 2022 08:00 Reporter : magang1

Merdeka.com - Selama beraktivitas dalam sehari, tubuh akan selalu mengeluarkan cairan baik itu dari keringat maupun buang air. Tubuh akan senantiasa butuh asupan cairan baru tiap harinya agar tidak mengalami dehidrasi.

Kondisi tubuh yang dehidrasi bisa menyebabkan tubuh lebih mudah lelah, sulit untuk fokus, hingga bau mulut.

Sering kali juga kita mendengar tips kesehatan untuk minum air sebanyak 8 gelas setiap hari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Namun, beberapa orang mengalami kesulitan untuk memenuhi syarat kesehatan ini.

Lantas apakah benar tiap orang akan membutuhkan 8 gelas air mineral setiap hari untuk memenuhi cairan tubuh dan melindungi diri dari dehidrasi? Simak faktanya berikut ini!

2 dari 4 halaman

Tubuh Butuh Berapa Banyak Air?

Air adalah komponen penting dalam tubuh manusia, sekitar 50-70% tubuh kita terdiri dari air. Dalam seharian, tubuh secara alami akan kehilangan cairan melalui pernapasan, urin, keringat, dan feses. Untuk menggantinya, tentu dibutuhkan asupan air ke dalam tubuh.

Umumnya, laki-laki dewasa akan membutuhkan paling tidak 2,5-2,6 liter air putih sementara perempuan dewasa membutuhkan 2,3 liter air setiap hari.

Delapan gelas air kira-kira setara dengan 2 liter air, sehingga anjuran ini sebenarnya adalah patokan terendah. Patokan meminum 8 gelas air tiap hari merupakan cara mudah untuk mengukur dan pengingat asupan air ke dalam tubuh.

3 dari 4 halaman

ilustrasi minum air putih

©pexels-Andres Ayrton

Namun ketentuan akan berapa banyak air yang dibutuhkan tubuh berbeda-beda antar individu. Hal ini tergantung dari berbagai faktor, baik fisik maupun gaya hidup antar individu.

Kebutuhan cairan tiap orang secara umum ditentukan oleh usia, jenis kelamin, aktivitas, kesehatan, hingga lingkungannya.

  • Usia: semakin tua usia seseorang, maka semakin bertambah pula kebutuhan tubuh akan cairan. Kebutuhan cairan anak umur 5 tahun dengan seseorang umur 25 tahun akan jelas berbeda.
  • Aktivitas: seseorang yang beraktivitas cukup berat seperti olahraga atau kerja lapangan akan lebih banyak berkeringat, sehingga tentu butuh lebih banyak minum air, bisa lebih dari 8 gelas.
  • Kondisi kesehatan: seseorang yang sedang sakit biasanya akan lebih banyak kehilangan cairan dalam tubuh melalui keringat ataupun muntahan. Sehingga asupan airnya juga akan bertambah.
  • Lingkungan: Cuaca panas biasanya akan membuat seseorang lebih cepat haus karena tubuh lebih banyak memproduksi keringat. Sedangkan pada cuaca dingin, meminum air 8 gelas sehari justru membuat diri sering ke kamar mandi, sehingga tidak perlu meminum 8 gelas tiap hari.
4 dari 4 halaman

Sumber Cairan Bagi Tubuh

Sumber cairan bagi tubuh bisa datang dari berbagai hal. Air putih memang menjadi pilihan utama orang-orang untuk konsumsi yang sehat. Namun minuman lain seperti teh, jus buah, dan susu juga bisa menjadi pilihan sumber cairan yang sehat.

Selain dari air, makanan juga banyak mengandung cairan. Buah dan sayuran memang paling dikenal sebagai makanan sumber cairan yang baik bagi tubuh. Timun dan semangka mengandung lebih dari 90% air.

Tidak hanya makanan jenis buah dan sayur, makanan berprotein juga mengandung banyak air. Daging umumnya mengandung 75% air dan jamur mengandung air cukup tinggi, 92%.

Meminum air yang cukup memang akan sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain mengganti cairan tubuh yang hilang, air juga berfungsi untuk menjaga suhu tubuh normal, meningkatkan fungsi otak, melumasi persendian, mencegah sembelit, hingga melindungi jaringan tubuh yang rawan/sensitif.

Reporter: Prilisa Septi Hariani


(mdk/mgs)

Baca juga:
9 Manfaat Minum Air Putih Hangat, Mengatasi Sembelit hingga Menghilangkan Racun
13 Cara Mengatasi Gangguan Tidur di Malam Hari, Efektif dan Mudah Dilakukan
11 Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Bantu Buang Racun hingga Peremajaan Kulit
Manfaat Minum Air Dingin Setelah Berolahraga, Bantu Turunkan Suhu Tubuh
5 Manfaat Air Putih untuk Kecantikan, Bantu Kulit Tampak Sehat dan Bercahaya


Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami