Pesta Tahun Baru Bikin Pola Tidur Terganggu, 5 Cara Ini Akan Membantu Mengatasinya

Pesta Tahun Baru Bikin Pola Tidur Terganggu, 5 Cara Ini Akan Membantu Mengatasinya
Atasi Kurang Tidur. ©2022 Shutterstock
SEHAT | 2 Januari 2022 18:38 Reporter : Jeffreydien Winanda

Merdeka.com - Padatnya aktivitas, tingkatan stres, dan beragam alasan lainnya menjadi latar belakang terganggunya pola tidur. Bahkan, momen perayaan tahun baru beberapa waktu lalu juga nggak jarang mengganggu pola tidur lantaran harus begadang hingga dinihari.

Tentu saja terganggunya pola tidur akan menyebabkan gangguan kesehatan dan menurunnya produktivitas jika berlangsung dalam kurun waktu yang lama. Oleh sebab itu, perlu dolakukan perbaikan untuk mengatasi pola tidur yang terganggu. Begini caranya

Ciptakan Rutinitas Tidur

Normalnya, manusia membutuhkan waktu tidur kurang lebih 7-8 jam di malam hari. Namun terganggunya pola tidur bisa menyebabkan durasi istirahat atau jam tidur yang kacau pula.

Setelah pesta tahun baru yang meriah dan berlangsung hingga tengah malam, cobalah untuk menciptakan kembali rutinitas tidur normal. Lakukan secara bertahap dengan tidur lebih awal dan bangun pada pagi hari, 5 hingga 15 menit lebih awal. Hal ini akan membuatmu terbangun dan beristirahat secara normal kembali.

Perhatikan Makanan dan Minuman yang Dikonsumsi sebelum Tidur

Nggak cuma rutinitas, perbaikan pola tidur juga bisa dimulai dengan makanan dan minuman yang dikonsumsi. Hal ini penting lantaran asupan nutrisi bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur.

Hindari makanan pedas dan asam, serta minuman mengandung kafein serta soda agar tidur menjadi lebih berkualitas. Sebaiknya, konsumsi air putih untuk diminum sebelum tidur atau bisa juga susu hangat.

Atur Pencahayaan di Kamar

Faktanya, tidur dengan cahaya seminim mungkin lebih baik dibanding dengan keadaan lampu menyala sempurna. Hal ini dikarenakan jam biologis manusia mudah terpengaruh oleh stimulus cahaya.

Jika kamu kurang terbiasa tidur dengan lampu padam, cobalah untuk menggunakan lampu tidur dengan cahaya lebih minim. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap kualitas tidur yang kamu miliki.

Buat Suasana Kamar Senyaman Mungkin

Kenyamanan menjadi faktor utama dalam menciptakan tidur berkualitas. Oleh sebab itu, ciptakan suasana setenang dan senyaman mungkin di kamar kamu.

Mulai dengan menata ranjang dan bantal agar lebih nyaman. Kemudian atur suhu ideal yang nggak terlalu panas atau dingin.

Hindari Tombol Snooze Alarm di Pagi Hari

Satu lagi hal sepele yang mengganggu pola tidur adalah tombol snooze yang terdapat pada alarm di smartphone milikmu. Hal ini bisa memperburuk pola tidur lantaran rutinitas pagi yang mestinya terbentuk harus gagal lantaran memilih untuk tidur kembali.

Menjaga pola tidur bisa dibilang gampang-gampang susah. Untuk semakin memaksimalkan jam tidur malam hari, segelas susu hangat akan membantu menciptakan ketenangan sekaligus bisa membuat tidur lebih cepat. Minum segelas susu low fat high calcium untuk membantu kualitas tidur dan tetap menjaga tubuh tetap sehat.

(mdk/jfw)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami