5 Cara Mengecilkan Perut, Bisa Dilakukan Sambil Bekerja di Rumah

5 Cara Mengecilkan Perut, Bisa Dilakukan Sambil Bekerja di Rumah
SUMUT | 24 Maret 2020 15:00 Reporter : Dimas Putra Mandegani

Merdeka.com - Mempunyai badan ideal menjadi idaman setiap orang. Berat badan ideal bukaan hanya ditandai dengan perut rata saja. Banyak yang memiliki berat badan ideal namun perut buncit. Memiliki perut buncit memang sangat mengganggu penampilan.

Perut buncit disebabkan karena perut merupakan komponen tubuh yang paling elastis dan gampang berlemak. Perut buncit datang karena banyak faktor. Kurangnya olahraga, suka makan di malam hari, mengonsumsi minuman beralkohol, kurangnya jam istirahat dan lainnya.

Jika pola hidup seperti ini tentu perut buncit akan selalu menghantui. Penumpukan lemak di perut akan menyebabkan datangnya banyak penyakit karena organ-organ di sekitar perut akan tertutup. Ada beberapa penyakit yang bisa menghampiri seperti Alzheimer, penyakit jantung, diabetes, kanker dan sindrom metabolik.

Di tengah kondisi Indonesia yang sedang terkena wabah virus Corona (COVID-19), menjadi salah satu alasan bagi sebagian orang menjadi kurang bergerak. Aktivitas sehari-hari harus dilakukan di rumah, mulai bekerja hingga sekolah melalui kelas online. Banyak waktu yang bisa dikerjakan di rumah dapat menjadi keuntungan tersendiri karena bisa melakukan aktivitas lainnya di sela-sela bekerja. Salah satunya berolahraga dan membuat makanan sehat.

Ada beberapa gerakan atau membuat makanan sehat yang bisa kamu lakukan untuk mengecilkan perut. Selagi di rumah, kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk mengecilkan perut. Berikut merdeka.com rangkum dari berbagai sumber cara mengecilkan perut yang bisa dilakukan sambil bekerja di rumah.

1 dari 5 halaman

Olahraga

olahraga ringan

2020 Merdeka.com

Waktu kerja yang bisa diatur karena work from home jadi satu keuntungan tersendiri. Aktivitas olahraga bisa dilakukan di pagi hari sebelum bekerja. Beberapa latihan fisik dilakukan seperti jogging keliling komplek, push up, sit up dan squat. Latihan ini harus dilakukan rutin karena bermanfaat banyak sebagai cara mengecilkan perut.

Sit up dapat berpengaruh langsung pada otot perut dan squat juga bisa dilakukan untuk mengecilkan paha dan perut. Jogging sebagai olahraga kardio bisa membakar lemak di sekitar perut.

Melakukan jogging setidaknya 5 jam dalam seminggu dapat membantu mengecilkan perut. Jogging bisa dilakukan di sekitar komplek rumah, terlebih suasana pagi yang menyegarkan dan tambah asupan vitamin D sebelum jam 9 pagi menambah penguatan tulang.

2 dari 5 halaman

Mengurangi Makanan yang Berlemak dan Gula

lemak dengan rendang ayam

iStock

Cara mengecilkan perut selanjutnya dengan mengurangi makanan berlemak dan gula. Jumlah lemak jenuh dan kadar gula yang berlebihan menyebabkan perut menjadi buncit. Kandungan lemak jenuh sendiri biasa ditemukan pada mentega, daging sapi dan susu.

Agar tidak menimbun lemak, konsumsi lemak tak jenuh yang ada pada ikan dan kacang-kacangan. Jumlah kalori harian juga harus diperhatikan karena kebiasaan mengonsumsi makanan tinggi kalori dapat menyebabkan perut buncit.

Kamu bisa menggunakan aplikasi untuk mengecek kadar kalori harian dalam tubuh. Cara mengecilkan perut ini bisa menjadi alternatif untuk mengurangi kandungan lemak dan gula harian.

3 dari 5 halaman

Beristirahat dan Tidur yang Cukup

011 tantri setyorini

Pixabay

Cara mengecilkan perut lainnya dengan mendapatkan istirahat yang cukup. Pola tidur terbalik selain menyebabkan penyakit juga bisa membuat perut menjadi buncit karena dapat merangsang produksi hormone ghrelin atau hormon rasa lapar.

Konsumsi camilan sebagai teman begadang sangat tidak dianjurkan dan ada baiknya tidur 6-8 jam sehari. Pola tidur yang sehat selain dapat mengecilkan perut juga sebagai pereda stres dan lelah berlebih. Ketika stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon kortisol secara berlebihan.

Hormon ini akan meningkatkan nafsu makan sehingga perut akan semakin membuncit jika tidak dijaga. Istirahat selama 1-2 jam di sela-sela bekerja juga diperlukan. Hal ini karena mata yang terlalu lama menatap layar komputer atau laptop bisa mengurangi daya penglihatan. Refreshingdari pekerjaan selama 1-2 jam juga bisa meningkatkan kinerja otak yang telah ditekan terlalu lama untuk bekerja.

4 dari 5 halaman

Memasak Makanan Sendiri

013 tantri setyorini

2018 Merdeka.com/Pixabay

Keuntungan work from home adalah bisa memasak makanan sebagai teman bekerja. Bahan-bahan alami bisa kamu tentukan sendiri sesuai dengan kebutuhan kalori harian. Penentuan sayur dan bumbu dapur bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan untuk mengecilkan perut.

Bahan-bahan masakan yang mengandung lemak tentunya harus disingkirkan demi mendapatkan perut yang ideal. Buncis, tomat, seledri, mentimun, bayam, yoghurt dan kacang-kacangan bisa dijadikan untuk mendapatkan sumber antioksidan dan metabolisme tubuh.

Hal ini juga dapat memperkuat imun yang tentunya bisa mengantisipasi masuknya virus Corona. Berat memang ketika makanan-makanan seperti daging dan susu harus disingkirkan. Namun, apakah ideal jika beraktivitas dengan perut buncit?

5 dari 5 halaman

Mencukupi Asupan Serat

ilustrasi sumber serat

iStock/Pixabay

Serat berfungsi untuk menyerap makanan sehingga bisa merasa kenyang lebih lama. Pola makanan yang tinggi serat dan karbohidrat kompleks dapat membantu mengurangi nafsu makan. Jangan lupa untuk membatasi asupan lemak yang efektif mengurangi berat badan.

Jus alpukat dan semangka bisa jadi alternatif minuman segar untuk dikonsumsi sebagai teman work from home. Walaupun alpukat berlemak, namun lemak baik yang dihasilkannya bisa membuat kenyang lebih lama.

Selain alpukat asupan serat bisa didapat dari buah jambu, pir, apel, sayur brokoli, wortel, ubi jalar dan lemon. Khusus untuk yang terakhir, lemon dipercaya dapat membantu fungsi kerja liver yang bekerja sempurna melancarkan pencernaan. Efek dari lancarnya pencernaan adalah perut akan kembali mengecil.

(mdk/asr)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami