Kandungan Buah Apel Hingga Manfaatnya Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Gigi

Kandungan Buah Apel Hingga Manfaatnya Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Gigi
Ilustrasi apel. ©2012 Shutterstock/Mazzzur
TRENDING | 4 Oktober 2021 08:55 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Banyak kandungan buah apel yang bermanfaat bagi tubuh. Apel sendiri merupakan salah satu jenis buah yang hingga saat ini mudah ditemui di pasaran.

Meski memiliki campuran rasa yang manis dan asam, namun membuat buah apel tak kehilangan para penikmatnya. Berbagai kandungan buah apel itulah yang membuat rasa asam dan manis bersatu padu dan justru terasa lezat saat dikonsumsi.

Seperti yang diketahui bersama, buah apel memiliki dua warna pada umumnya. Buah apel yang berwarna merah cenderung memiliki rasa manis. Sementara itu, warna hijau lebih membuat apel memiliki rasa sedikit asam.

Namun, secara garis besar kandungan buah apel tersebut tidak jauh berbeda. Lantas, apa saja sebenarnya manfaat hingga kandungan buah apel yang sering dikonsumsi tersebut? Berikut ulasan selengkapnya, dilansir dari berbagai sumber.

2 dari 4 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan buah apel yang pertama adalah vitamin C. Pada dasarnya, buah-buahan yang bersifat asam cenderung memiliki vitamin C dalam jumlah cukup hingga tinggi.

Begitu pula dengan buah apel, terlebih buah apel berwarna hijau. Meski kandungan vitamin C pada buah apel tak setinggi jeruk, namun kandungan tersebut juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Konsumsi buah apel secara rutin untuk membantu tubuh melawan berbagai patogen dan sumber penyakit. Caranya, bisa dikonsumsi secara langsung atau sebagai minuman jus lezat nan menyehatkan.

ilustrasi apel

©2019 Merdeka.com/Pixabay

Bantu Meningkatkan Kesehatan Kulit

Selain menjaga daya tahan tubuh, kandungan buah apel yang berupa vitamin C tersebut juga memiliki manfaat lainnya. Kandungan vitamin C beserta vitamin E pada buah apel disebut juga mampu meningkatkan kesehatan kulit.

Sebab, vitamin C dan E bekerja di dalam tubuh untuk memperbaiki jaringan yang telah rusak. Jika regenerasi sel hingga jaringan tersebut tak terkendala, maka tubuh pun akan menjadi sehat dan jauh dari berbagai gangguan penyakit.

Bagi Anda yang menginginkan kulit sehat dan cerah, ada baiknya untuk selalu mengonsumsi buah apel secara rutin. Kandungan ini juga dapat diambil manfaatnya dengan mengaplikasikan pada kulit sebagai masker wajah.

3 dari 4 halaman

Tingkatkan Kesehatan Otak

Selain itu, kandungan buah apel juga dapat membantu tubuh untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan buah apel yang berperan tersebut adalah quercetin.

Quercetin merupakan kandungan buah apel yang bersifat antioksidan sehingga mampu berfungsi untuk menurunkan risiko kerusakan pada sel saraf. Sebuah studi menunjukkan, mengonsumsi buah apel secara rutin justru dapat memperbaiki daya ingat hingga menurunkan risiko penyakit pikun (Alzheimer).

Menjadi Sumber Energi

Umumnya, sumber energi diketahui hanya diperoleh melalui bahan makanan berkarbohidrat. Jangan salah, buah-buahan juga dapat menjadi sumber energi.

Salah satunya yakni dengan mengonsumsi apel hijau. Kandungan buah apel hijau yang berupa vitamin B1 tersebut mampu mengubah karbohidrat menjadi pembakar sehingga tubuh menghasilkan energi.

013 siti rutmawati©citylifestylemag.com

Bantu Jaga Kesehatan Jantung

Kandungan buah apel berikutnya yang berperan penting bagi kesehatan tubuh adalah serat larut. Serat larut yang terdapat di dalam buah apel memungkinkan tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol sehingga tidak terjadi penumpukan yang berlebihan di dalam pembuluh darah.

Selain itu, kandungan buah apel yang berupa polifenol diklaim bersifat antioksidan mampu menurunkan tekanan darah. Flavonoid di dalam buah apel juga cenderung menurunkan risiko seseorang untuk terserang gangguan ataupun penyakit pada pembuluh darah dan jantung.

4 dari 4 halaman

Mencegah Diabetes

Bagi Anda yang memiliki gangguan berat badan atau obesitas, mengonsumsi apel bisa menjadi salah satu alternatif yang tepat. Kandungan buah apel yang berupa pektin dapat membantu mengatur kadar gula di dalam tubuh.

Hal ini tentu membantu tubuh menjadi terhindar dari penyakit diabetes. Sebuah studi yang dilakukan AS, Inggris, dan Singapura menyatakan, seseorang dengan asupan apel tiga kali dalam seminggu serta beberapa buah masam lainnya memiliki risiko yang lebih rendah untuk terserang diabetes tipe dua.

015 tantri setyorini©2018 Merdeka.com/Pixabay

Meningkatkan Kesehatan Mata

Kandungan buah apel juga baik bagi kesehatan mata. Tak hanya vitamin B1 dan vitamin C, buah apel hijau memiliki kandungan vitamin A yang bagi fungsi dan saraf mata.

Mengonsumsi apel setiap hari dalam porsi yang cukup mampu membantu tubuh untuk senantiasa mempertahankan fungsi mata. Terlebih pada situasi seperti ini di mana setiap orang selalu berinteraksi menggunakan gawai yang berisiko menurunkan kesehatan mata.

Menjaga Kesehatan Gigi

Terakhir, kandungan buah apel yang satu ini juga tak boleh dilewatkan. Kandungan serat hingga antibakteri di dalam apel disebut mampu menjaga kesehatan gigi.

Kandungan antibakteri di dalam satu buah apel diklaim dapat menyingkirkan bakteri yang menyebabkan masalah kesehatan pada gigi dan mulut. Sementara itu, mengonsumsi buah apel secara rutin juga dapat meningkatkan produksi air liur hingga mampu mematikan bakteri.

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami