Panggilan untuk Warga Jakarta, Ini Cara Dapat Subsidi Bahan Pangan

Panggilan untuk Warga Jakarta, Ini Cara Dapat Subsidi Bahan Pangan
Subsidi bahan pangan Jakarta. ©2022 Merdeka.com
EKONOMI | 3 Oktober 2022 14:21 Reporter : Siti Ayu Rachma

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memastikan pemberian subsidi bahan pangan kepada masyarakat yang memiliki kartu subsidi seperti Kartu Jakarta Pintar (KJP), Kartu Penghuni Rumah Susun, Kartu Buruh dengan UMP Rp 1,1 juta tepat sasaran.

Salah satu petugas food station Pasar Induk Cipinang Jakarta, mengatakan masyarakat yang membeli beberapa komoditas yang disubsidi pemprov DKI, bisa melakukan transaksi langsung ke gerai-gerai yang tersedia di daerah wilayah DKI Jakarta.

Untuk mekanisme pembelian bahan baku subsidi tersebut, masyarakat harus mendatangi langsung gerai yang tersedia, kemudian melakukan transaksi menggunakan kartu subsidi, lalu memberikan bukti struk pembelian kepada petugas food station untuk diambilkan barang yang akan dibeli.

"Nanti masyarakat membeli bahan pangan ke gerai, kita terima struk transaksi, lalu memberikannya (bahan baku)," terang petugas food station, di Pasar Induk Cipinang, Jakarta, Senin (3/10).

Seorang pembeli, bahan baku subsidi Pemprov DKI Jakarta, mengatakan dengan adanya subsidi ini memberikan kemudahan dan keringanan untuk harga pangan. Karena menurutnya saat ini harga pangan sudah naik tinggi. "Terima kasih Pak Anies (Gubernur DKI Jakarta) sudah membantu kami dengan harga subsidi ini," kata dia kepada Merdeka.com.

Perlu diketahui, harga pangan yang diberi subsidi, yakni beras premium Rp 30.000 per 5 kg, susu UHT Rp 30.000 1 KTN isi 24 pak, ikan kembung Rp 13.000 per kg isi 6-9 ekor, telur ayam Rp 10.000 per kg isi 15 butir, daging sapi Rp 35.000 per kg, daging ayam Rp 8.000 per ekor.

Sementara untuk masyarakat yang menginginkan membeli bahan pangan dengan harga subsidi dan memiliki kartu yang sudah ditetapkan oleh Pemprov DKI Jakarta tersedia sebanyak 378 gerai untuk pembelian bahan pangan tersebut.

Sebagai informasi, tahun 2022 Pemprov DKI menganggarkan sebesar Rp 1,1 triliun untuk 6 komoditas pangan yakni beras premium, susu UHT, ikan kembung, telur ayam, daging sapi, daging ayam.

Baca juga:
Prabowo Ingin Lahan Terlantar Dimanfaatkan untuk Ketahanan Pangan
Cegah Krisis Pangan, Jokowi Ingatkan Pemda Jaga Inflasi
Harga Kedelai Melambung usai BBM Naik, Perajin Tahu di Solo Resah
Pupuk Indonesia Luncurkan Roadmap Dukung Keterjangkauan Harga Bahan Pangan
Mendag Zulhas Klaim Berhasil Stabilkan Harga Bahan Pokok dalam 100 Hari
Anies Pastikan Pangan Murah Bersubsidi Diterima 1,1 Juta Warga DKI Jakarta

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini