CEK FAKTA: Waspada Penipuan Berdalih Sponsorship Hari Bhayangkara

CEK FAKTA: Waspada Penipuan Berdalih Sponsorship Hari Bhayangkara
Waspada Penipuan Berdalih Sponsorship Hari Bhayangkara. ©Kominfo
CEK-FAKTA | 24 Juni 2022 12:00 Reporter : Syifa Hanifah

Merdeka.com - Beredar sebuah flyer sponsorship HUT ke-76 Bhayangkara yang mencatut nama pejabat utama Polda Aceh. Dilengkapi juga formulir kepesertaan yang harus diisi jika menjadi sponsor di hari Bhayangkara.

Kabid Humas Polda Aceh Kombes Winardy memastikan flyer sponsorship HUT ke-76 Bhayangkara hoaks dan merupakan modus penipuan.

waspada penipuan berdalih sponsorship hari bhayangkara
©Kominfo

Winardy mengatakan, penipuan tersebut sangat tersruktur dan masif, di mana flyer dan surat dibuat sangat persis seperti format surat institusi Polri.

Oleh karena itu, apabila mendapati surat, pesan singkat, atau telepon yang meminta dukungan baik dalam bentuk barang atau pun uang berdalih Hari Bhayangkara agar segera mengkonfirmasinya ke Bidang Humas Polda Aceh.

"Kalau memang nanti ada yang berdalih minta sponsorship Hari Bhayangkara, segera konfirmasi ke kami, bila perlu segera laporkan. Karena itu penipuan,” kata Winardy, dikutip dari situs Tribrata Aceh.

Untuk itu Polda Aceh mengimbau kepada masyarakat, BUMD, BUMN, dan Instansi Pemerintah di Aceh untuk mewaspadai penipuan dengan modus sponsorship Hari Bhayangkara ke-76.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://tribratanews.aceh.polri.go.id/2022/06/21/masyarakat-diimbau-waspadai-penipuan-berdalih-sponsorship-hari-bhayangkara/

(mdk/noe)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini