Khawatir Usia Bumi yang Kian Tua, Warga Tangerang Buat Sabun Ramah Lingkungan

Khawatir Usia Bumi yang Kian Tua, Warga Tangerang Buat Sabun Ramah Lingkungan
Sabun ramah lingkungan buatan warga Tangerang. ©2022 Humas Pemkot Tangerang/ Merdeka.com
JABAR | 5 Juli 2022 13:10 Reporter : Nurul Diva Kautsar

Merdeka.com - Keinginan kuat untuk menjaga lingkungan membuat Liman Suryawijaya, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) asal Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang berinovasi membuat produk sabun berbahan alami. Saat ini produknya memiliki merek dagang Naturedient.

Diakui Liman, pembuatan produknya itu bermula dari keresahannya dengan keadaan bumi yang kian tua. Dari situ dirinya menginginkan sebuah produk sabun yang juga berkontribusi untuk mengampanyekan kepedulian terhadap lingkungan.

“Awalnya mengingat usia bumi yang semakin tua. Dan makin ke sini, suhu bumi semakin meningkat. Dari situ terpikir, kenapa tidak buat produk dari bahan alami. Jadi campaign-nya back to nature gitu,” ucap Liman, melansir laman Pemkot Tangerang, Selasa (5/7).

2 dari 3 halaman

Dibuat Secara Handmade

sabun ramah lingkungan buatan warga tangerang

 Sabun ramah lingkungan buatan warga Tangerang

©2022 Humas Pemkot Tangerang/ Merdeka.com

Liman mengungkapkan jika sabun buatannya berbahan dasar minyak kelapa dan minyak nabati dan dibuat dengan proses handmade. Kedua bahan itu disebutnya bisa ikut mengampanyekan peduli lingkungan karena pembuatannya yang masih tradisional.

Selain itu minyak kelapa dan minyak nabati juga memiliki sejumlah manfaat yang bisa didapatkan oleh penggunanya, seperti mengurangi jerawat, mengangkat sel kulit mati, membersihkan kulit, dan membantu melindungi kulit.

“Tidak hanya dapat digunakan di badan, sabun ini juga dapat berfungsi sebagai facial wash atau sabun wajah. Karena kita buat handmade jadi dijamin aman,” lanjut dia.

3 dari 3 halaman

Berencana Buat Produk Lain

Walau menggunakan bahan-bahan alami, harga setiap produknya terbilang terjangkau yakni mulai dari Rp25 ribu.

“Harga mulai dari Rp 25 ribu aja. Selain sabun batangan yang mini balok, kita juga sediakan sabun batangan khusus untuk traveling jadi bentuknya kecil kecil dan sudah ada wadah yang dapat dibawa ke mana-mana,” ujarnya.

Liman mengatakan jika saat ini produknya ia pasarkan melalui e-commerce serta di media sosial. Ia pun semakin rajin berinovasi untuk lebih memperkenalkan produk-produknya.

"Sekarang selain sabun, kita juga ada t-rex bag yang dibuat oleh pengrajin lokal di sini. Ke depan kita akan luncurkan sabun rasa kopi dan cendana. Lalu, akan ada produk untuk rambut,” tandas Liman.

(mdk/nrd)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini