7 Minuman Kesehatan untuk Hidrasi Tubuh, Segar dan Kaya Manfaat

7 Minuman Kesehatan untuk Hidrasi Tubuh, Segar dan Kaya Manfaat
Ilustrasi minum jus. Shutterstock/Dragon Images
JATENG | 26 Mei 2022 10:11 Reporter : Jevi Nugraha

Merdeka.com - Minuman kesehatan yang segar dan kaya manfaat perlu diketahui setiap orang. Setelah menjalankan aktivitas sehari-sehari, acap kali tubuh kekurangan cairan yang bisa menimbulkan risiko berbagai macam penyakit. Untuk itu, setelah melakukan aktivitas, ada baiknya mengonsumsi minuman kesehatan.

Ada banyak minuman kesehatan yang cocok diminum setelah menjalankan aktivitas sehari-hari. Tidak hanya dapat melepas dahaga, beberapa minuman kesehatan ini juga dipercaya mampu meningkatkan stamina dan mencegah berbagai macam penyakit.

Saat ini, tidak sedikit minuman kesehatan yang bisa dikonsumsi untuk melepas dahaga setelah melakukan berbagai macam aktivitas. Selain memberikan sensasi segar, beberapa minuman ini juga berfungsi efektif untuk menyehatkan tubuh. Berikut sejumlah minuman kesehatan dan kaya manfaat yang merdeka.com lansir dari Healthline:

2 dari 3 halaman

Wedang Uwuh

001 tantri setyorini

©2014 Merdeka.com/Thedailyroar.com

Salah satu minuman kesehatan yang kaya manfaat adalah wedang uwuh. Menurut bahasa, kata wedang dalam bahasa Jawa berarti minuman, sedangkan uwuh dalam bahasa Jawa berarti sampah. Wedang uwuh bila diartikan secara langsung memiliki arti minuman sampah, namun ini hanyalah istilah saja.

Bahan asli dari minuman ini adalah campuran beberapa rempah-rempah, yaitu jahe, kayu secang, daun dan kayu manis, daun dan akar sereh, daun pala dan biji pala, kapulaga dan gula batu. Wedang uwuh dipercaya dapat menghangatkan tubuh dan mampu mencegah berbagai macam penyakit.

Air Tebu

Minuman kesehatan yang menyegarkan lainnya, yaitu air tebu. Minuman ini memiliki kandungan kalsium, zat besi, magnesium, dan mangan, berperan penting untuk memperkuat tulang. Sehingga mengonsumsi air tebu secara rutin dapat menghambat berkembangnya osteoporosis.

Selain itu, air tebu juga mengandung asam glikolat yang dapat memberi efek antioksidan pada kulit. Oleh karena itu, bagi yang ingin menjaga kulit agar tetap sehat dianjurkan untuk mengonsumsi air tebu secara teratur.

Jus Plum Segar

Plum mungkin menjadi salah satu jenis buah yang masih terdengar asing di Indonesia. Buah ini biasanya banyak dibudidayakan di Amerika dan Eropa. Selain memiliki rasa yang manis asam, buah plum juga sering dijadikan minuman dingin yang segar dan menyehatkan.

Buah plum sangat kaya Antioksidan, sehingga hal ini dapat melawan virus dan bakteri yang menjadi penyebab utama datangnya berbagai macam penyakit. Mengonsumsi secara rutin buah plum dapat membantu mencegah radikal bebas dan menjaga daya tahan tubuh.Sehingga hal ini dapat menurunkan risiko terkena serangan penyakit kronis, seperti kanker dan jantung.

3 dari 3 halaman

Air Lemon

lemon
©Shutterstock

Minuman kesehatan yang baik untuk tubuh selanjutnya, yaitu air lemon. Kandungan vitamin C tinggi pada buah lemon dapat meningkatkan sistem pencernaan sekaligus membantu fungsi hati. Selain itu, buah lemon juga berfungsi efektif membakar lemak perut berlebih, sehingga sangat cocok untuk membantu program diet.

Di samping itu, sebaiknya saat minum air lemon untuk diet dilakukan pagi hari. Sebab, saat tubuh belum mengonsumsi apapun, tubuh dapat melakukan proses detoksifikasi dengan minum air lemon. Sehingga dapat membuat fungsi hati bekerja lebih ringan dan menurunkan berat badan secara optimal.

Air Kelapa Muda

Dari sekian banyak manfaat yang didapatkan dari buah kelapa, air kelapa muda menjadi salah satu minuman kesehatan digunakan sebagai pengobatan tradisional. Dikutip dari Mayo Clinic, air kelapa muda mengandung vitamin C, magnesium, mangan, protein, karbohidrat, dan serat. Beberapa kandungan tersebut berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh dan mencegah berbagai penyakit.

Bagi Anda yang sering merasa mudah lelah dan tidak bersemangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari, sebaiknya mengonsumsi air kelapa secara rutin. Air kelapa memiliki kandungan protein yang berfungsi efektif sebagai sumber energi yang diperlukan oleh tubuh. Sehingga dapat membangkitkan energi Anda saat menjalankan aktivitas sehari-hari.

Rebusan Jahe Merah

Jamu merupakan obat tradisional milik bangsa Indonesia yang sudah ada sejak lama. Meski saat ini banyak ditemui obat konvensional yang ampuh mengobati beragam penyakit, jamu masih menjadi pilihan alternatif sebagian masyarakat Indonesia sebagai obat herbal.

Salah satu bahan dasar pembuatan jamu yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia adalah jahe merah. Sejak dahulu, jahe merah sudah dikenal berperan penting untuk menjaga kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaatnya, biasanya masyarakat mengolahnya menjadi minuman.

Melansir Health Benefit Times, air rebusan jahe merah memiliki kandungan protein, selulosa, minyak atsiri, dan vitamin C yang berfungsi efektif mengatasi masalah sistem pencernaan, anti radang, hingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Jus Buah Naga

Minuman kesehatan yang kaya manfaat lainnya, yaitu jus buah naga. Buah yang memiliki warna merah pekat ini menjadi salah satu jenis buah yang cukup digemari oleh masyarakat Indonesia. Rasanya yang manis serta memiliki bentuk yang unik, menjadi ciri khas dari buah yang berasal dari Meksiko ini.

Saat Anda merasa lemas dan lesu setelah melakukan aktivitas sehari-hari, cobalah untuk minum jus naga. Pasalnya, kandungan vitamin di dalam buah naga dipercaya mampu meningkatkan stamina dan dapat membuat Anda lebih semangat saat menjalani aktivitas sehari-hari.

(mdk/jen)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami