Dipertandingkan di Piala Presiden Esports 2019, Begini Awal Mobile Legends jadi Cabor
OLAHRAGA » MAKASSAR | 29 Januari 2019 18:27 Reporter : Dian Rosadi

Merdeka.com - Kompetisi esports nasional pertama di Indonesia bertajuk Piala Presiden Esport 2019 digelar Pemerintah melalui Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf). Turnamen Piala Presiden Esports 2019 ini sudah mulai kick off, Senin (28/1) kemarin.

Babak kualifikasi turnamen ini akan digelar di delapan kota, mulai dari Bekasi, Solo, Pontianak, Denpasar, Makassar, Palembang, Manado, dan Surabaya. Mereka yang lolos dari kualifikasi berhak maju ke putaran final di Istora Senayan, Jakarta, pada 30-31 Maret 2019. Untuk Babak Grand Final sendiri akan berlangsung pada 30-31 Maret 2019.

Dalam kompetisi ini, gim Mobile Legends menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan. Kompetisi ini pun menjadi ajang pertama di Indonesia yang digelar oleh pemerintah. Namun tahukah Anda, bagaimana awal mula gim Mobile Legends menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di ajang resmi?

Mobile Legends menjadi salah satu gim yang digandrungi para gamer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Pengguna gim jenis multiplayer online battle arena (MOBA) ini diperkirakan mencapai jutaan orang. Penggunanya tak hanya laki-laki, kaum hawa pun banyak yang bermain gim ini.

Gim Mobile Legends sendiri dirilis pertama kali pada tahun 2016 oleh pengembang gim asal Tiongkok, Moonton. Gim ini lebih dulu dirilis untuk platform android yakni pada Juli 2016. Empat bulan kemudian atau pada November, gim ini dirilis untuk platform iOS.

Dengan unduhan awal yang tidak memerlukan kuota banyak, Mobile Legends langsung menjadi primadona di Indonesia. Hanya dalam waktu dua tahu sejak dirilis, gim ini sudah diunduh lebh dari 5 juta.

Di Indonesia sendiri bahkan sampai ada organisasi e-Sports atau electronic sports (olahraga elektronik) yang menggunakan Mobile Legends sebagai salah satu gim yang dipertandingkan. Dengan popularitas yang semakin melejit, banyak kompetisi-kompetisi esports termasuk gim Mobile Legends yang digelar di Indonesia.

Olahraga esport semakin menarik perhatian banyak pihak. Hingga kemudian esport menjadi cabang eksibisi di ajang Asian Games pada tahun 2018 lalu.

Tak hanya berhenti disitu, gaung Mobile Legends sebagai salah satu divisi gim yang dipertandingkan dalam esports semakin melejit, setelah esports resmi jadi cabang olahraga (cabor) yang dipertandingkan di SEA Games 2019. Mobile Legends menjadi salah satu judul gim yang sudah terkonfirmasi dipertandingkan pada ajang olahraga Asia tenggara tersebut. Dengan demikian, esport menjadi cabor yang dipertandingkan bersama dengan cabang olahraga lainnya.Selain itu, penyelenggaraan cabor eSports kali ini bersifat resmi. Sehingga setiap pemenang akan mendapat medali seperti cabang olahraga lainnya. Dengan adanya ajang Piala Presiden Esport 2019 ini diharapkan menjadi cara untuk mencari bibit untuk tampil di ajang SEA Games.

(mdk/end)