5 Bahaya Mengancam dari Tidur di Kasur yang Diletakkan Langsung di Atas Lantai

5 Bahaya Mengancam dari Tidur di Kasur yang Diletakkan Langsung di Atas Lantai
Ilustrasi tidur di lantai. Shutterstock/Helder Almeida
SEHAT | 17 Mei 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak orang yang meletakkan kasur mereka langsung di atas lantai dan tidak di atas dipan. Cara ini biasa dilakukan karena ruang yang memang terbatas sehingga kasur diletakkan langsung di lantai.

Tidur dengan kasur menempel di lantai merupakan suatu hal yang tidak terlalu aneh. Pada sejumlah budaya Asia, cara meletakkan kasur seperti ini bukanlah hal yang aneh dan jamak dilakukan.

Meletakkan kasur seperti ini juga bisa menghemat tempat dan juga biaya. Tidak adanya dipan bisa membuat ruang lebih lega serta tidak ada biaya tambahan yang diperlukan.

Cara tidur yang kamu pilih ini memiliki sejumlah manfaat dan kekurangan yang mungkin kamu peroleh. Dilansir dari Sleep Advisor, berikut beberapa bahaya yang mungkin kamu peroleh dari tidur dengan kasur menempel lantai.

2 dari 4 halaman
5 bahaya mengancam dari tidur di kasur yang diletakkan langsung di atas lantai

Menumpuknya Debu

Salah satu bahaya yang kamu peroleh dengan posisi kasur terlalu rendah adalah bertumpuknya debu. Ketika kasur kamu letakkan di lantai, penting untuk membersihkannya secara layak untuk mencegah masalah pernapasan dan alergi.

Menghirup debu dan partikel kotoran lain bisa berdampak panjang pada kesehatanmu. Hal ini bisa dihindari dengan meletakkan kasurmu lebih tinggi di atas lantai.

Kurang Aliran Udara

Meletakkan kasur langsung ke lantai bisa membuatnya tidak memiliki cukup aliran udara. Panas berlebih serta keringat manusia bisa memerangkap panas serta cairan sehingga menimbulkan jamur di dalamnya.

Jamur bisa menyebabkan terjadinya reaksi alergi yang sangat serius. Selain itu, terdapat bau busuk yang bisa membuat kasur menjadi cepat jelek dan tidak bisa digunakan.

3 dari 4 halaman
5 bahaya mengancam dari tidur di kasur yang diletakkan langsung di atas lantai

Jamur dan Kutu

Kondisi kurang aliran udara tidak hanya mengundang jamur saja namun juga mengundang datangnya kutu di kasur. Masalah ini bisa berdampak lebih buruk karena kutu dan jamur bisa berkembang biak dan menyebar di dalam kasur.

Meletakkan kasur di atas dipan bisa menghindari terjadinya masalah ini. Atau kamu juga bisa mengangkat kasur ketika tidak sedang digunakan untuk menghindari masalah ini.

Masalah Paru-Paru

Rasa dingin bisa menyebabkan munculnya penyakit serta masalah kesehatan lain ketika kamu tidur dekat lantai saat udara dingin. Tidur ketika udara sangat dingin bisa menimbulkan masalah kesehatan.

Bernapas pada suhu udara dingin bisa menyebabkan masalah pada paru-paru. Hal ini bisa membatasi aliran darah dan potensial menimbulkan terjadinya hypothermia.

4 dari 4 halaman

Masalah Pinggang dan Pundak

Pada seseorang yang biasa tidur miring pada satu bagian saja, tidur pada kasur yang menempel lantai bisa berdampak buruk. Tekanan yang meningkat dari kasur di lantai bisa menimbulkan rasa tak nyaman pada tubuh.

Walau begitu, pada beberapa orang dengan gaya tidur tertentu, peletakan kasur ini justru berdampak baik. Pada orang yang tidur telentang atau telungkup, peletakan kasur di atas lantai bisa menunjang kebiasaan mereka. (mdk/RWP)

Baca juga:
Waspadai Terjadinya Mendengkur! Indikasi Adanya Masalah Penyempitan Saluran Napas
Mengenal Kecanduan Tidur dalam Kondisi Medis, Begini Penjelasan Para Ahli
Benarkah Mode Gelap Bisa Berdampak Lebih Baik Terhadap Mata dan Kualitas Tidur?
Ketahui Manfaat Tidur Lebih Awal, Bantu Kendalikan Nafsu Makan
5 Dampak Buruk yang Muncul dari Minum Kopi di Sore dan Malam Hari
7 Tanda yang Ditunjukkan Tubuhmu ketika Tidur Terlalu Lama

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami