5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Mengganggu Tidur Malam Hari

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Mengganggu Tidur Malam Hari
ilustrasi minum kopi. ©authoritynutrition.com
SEHAT | 13 Agustus 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Tidur di malam hari merupakan salah satu waktu penting bagi tubuh kita untuk memulihkan diri. Tidur yang cukup dan berkualitas di malam hari merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Tidur malam yang cukup dan berkualitas penting untuk fisik dan mental kita. Kurang tidur bisa menyebabkan masalah tak hanya datangnya penyakit fisik namun juga penyakit mental.

Sejumlah hal yang kita lakukan bisa sangat mempengaruhi kualitas tidur kita di malam hari. Hal ini tak hanya terbatas pada aktivitas di sore dan malam hari saja namun juga pada pagi hari.

Sebelumnya, kita telah mengetahui bahwa hal yang dilakukan di malam hari bisa membuat tidur malam hari lebih nyenyak. Sebaliknya, hal yang kita lakukan di pagi hari juga bisa mengganggu tidur malam hari ini.

Beberapa kesalahan di pagi hari yang kita lakukan tanpa sengaja malah bisa membuat tidur malam jadi lebih buruk. Dilansir dari Huffington Post, berikut sejumlah kebiasaan di pagi hari yang bisa mengganggu tidur pada malam hari.

1. Minum Terlalu Banyak Kopi

Konsumsi kopi di pagi hari terutama dalam jumlah terlalu banyak bisa menyebabkan gangguan tidur. Amannya, batas maksimal konsumsi kopi adalah empat gelas sehari.

"Enam jam setelah kafein dikonsumsi, setengahnya akan tetap berada di dalam tubuh," terang tulisan dari Cleveland Clinic.

"Butuh setidaknya 10 jam untuk menghilangkan kafein sepenuhnya dari aliran darah," sambungnya.

Hal ini bisa membuat kopi yang kita konsumsi di pagi hari bisa tetap berdampak hingga malam hari. Hal ini biasanya lebih berdampak besar pada seseorang yang sensitif pada kafein sehingga akhirnya mereka lebih sulit tidur di malam hari.

2 dari 5 halaman

2. Bangun di Jam Berbeda Setiap Hari

Dalam tidur, jam tidur yang teratur merupakan sebuah hal yang penting dilakukan. Hal ini termasuk jam tidur dan jam bangun seseorang setiap hari.

Jam tidur yang tidak teratur terutama ketika dilakukan setiap hari bisa mengganggu ritme sirkadian dan jadwal bersosialisasi. Hal ini juga bisa menjadi meningkatnya masalah kesehatan terutama meningkatnya peradangan dan meningkatnya risiko depresi.

Kebiasaan bangun yang tak teratur ini bisa sangat mengganggu jadwal tidur di malam hari karena bisa menyebabkan perbedaan jam. Oleh karena itu, kebiasaan jam tidur yang tak teratur ini sebaiknya tidak dilakukan.

3 dari 5 halaman

3. Kurang Terpapar Cahaya Matahari

terpapar cahaya matahari

Tidur sangat tergantung pada ritme sirkadian tubuh kita. Salah satu hal yang bisa berdampak pada ritme sirkadian tubuh ini bisa sangat tergantung dari cahaya matahari yang kita peroleh.

Jam sirkadian tubuh paling sensitif terhadap cahaya sekitar dua jam sebelum jam tidur dan bertahan sepanjang malam hingga satu jam sebelum kamu bangun.

"Paparan pada cahaya selama waktu ini bisa mempengaruhi tubuh untuk menjadi mengantuk secara alami dan siap untuk tidur," terang CDC.

Paparan cahaya matahari yang banyak sepanjang hari bisa berdampak baik membantumu tidur nyenyak di malam hari. Oleh karena itu, penting untuk menikmati banyak sinar matahari pada pagi hingga siang hari.

4 dari 5 halaman

4. Buat To-Do List

Membuat to-do list merupakan salah satu hal yang penting untuk memiliki kehidupan yang terjadwal. Hal ini bisa sangat efektif untuk mengatasi kecemasan dan membantumu lebih cepat tidur di malam hari.

Hal ini bisa membuat jadwal kehidupan menjadi tertata termasuk waktu tidur dan bangun. Walau begitu, sebaiknya tidak membuatnya terlalu rapat dengan detail karena bisa membuatmu semakin cemas.

Buat jadwal yang cukup realistis dengan tiga atau lima hal yang akan kamu lakukan. Kamu juga bisa menuliskan jam bangun dan tidur yang akan kamu lakukan pada hari itu.

5 dari 5 halaman

5. Terlalu Banyak Bermain Smartphone

banyak bermain smartphone

Membuka smartphone segera mungkin setelah bangun bisa menjadi penyebab terjadinya gangguan tidur di malam hari. Hal ini karena sejak kita bangun, kita mengalami banyak interfensi dalam kehidupan kita.

Hal ini terutama ketika pada pagi hari kita membaca pesan yang tidak menyenangkan. Hal ini bisa membuat mood menjadi berantakan dan kecemasan lebih mudah terjadi.

Kondisi yang terjadi ini terutama pada pagi hari bisa menyebabkan sangat sulit menenangkan diri. Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan terjadinya gangguan tidu di malam hari.

(mdk/RWP)

Baca juga:
3 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami oleh Pria Akibat Kurang Tidur
6 Hal yang Bisa Dilakukan di Pagi Hari demi Tidur Malam yang Nyenyak
Adanya Cahaya saat Tidur Bisa Buat Lansia Lebih Rentan Alami Masalah Kesehatan
Mengapa Perjalanan di Mobil Bisa Membuat Kita Merasa Lelah?
Sulit Tidur? Coba Konsumsi Minuman-Minuman Ini Agar Cepat Tertidur

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini