Cukup Minum Air Putih Bisa Jadi Cara Mudah Lenyapkan Stres

Cukup Minum Air Putih Bisa Jadi Cara Mudah Lenyapkan Stres
Ilustrasi minum air putih. ©Shutterstock.com/BestPhotoStudio
SEHAT | 5 Mei 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu minuman yang paling penting untuk kita konsumsi sehari-hari adalah air putih. Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara fisik saja, namun air putih juga bermanfaat pada kesehatan mental.

Psikolog Analisa Widyaningrum mengatakan bahwa minum air putih di saat sahur dan buka puasa dapat memengaruhi kesehatan mental selama bulan Ramadan.

Stres dan perasaan tertekan yang mungkin muncul selama satu tahun bergulat dengan pandemi COVID-19 juga bisa diatasi, salah satu caranya, dengan cukup minum air putih.

"Sebenarnya hal terpenting dari minum air putih adalah transportasi ke oksigen. Pada saat minum, kita sedang men-delivery itu," kata dia.

"Nah, kenapa itu pengaruh ke mental? Karena pada saat oksigen itu mengalir melalui pembuluh darah kita menuju jantung, itulah produksi hormon-hormon positif yang dibutuhkan oleh tubuh kita," Analisa menambahkan.

Menurut Analisa, hormon endorfin dan dopamin juga terproduksi kalau transportasi oksigennya lancar. "Makanya, itulah yang terjadi pada teman-teman ketika meminum air putih. Air di dalam tubuh sepenting itu," kata Analisa dalam webinar 'Melindungi Diri dan Raih Kemenangan Ramadan Bersama AQUA' belum lama ini.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Mindful Drinking

Dalam kesempatan tersebut, Analisa memerkenalkan sebuah metode bernama Mindful dringking. Guna memeroleh manfaat dari minum air putih untuk kesehatan mental yang lebih baik, minumlah secara pelan-pelan.

"Kalau cepat-cepat selain kesedek, juga kita enggak bisa release," katanya.

Sederhananya, dengan minum air putih pelan-pelan, kita bisa lebih sadar bahwa ada nutrisi atau zat baik yang masuk ke dalam tubuh kita.

Analisa pun memberikan tips mengenai hal yang sebaiknya dilakukan setelah minum.

"Habis minum, usahakan untuk latih mindfulness-nya dengan cara mengambil napas 4 hitungan dengan bernapas lewat hidung, mulutnya ditutup, seperti meditasi ringan. Lalu hembuskan lewat bibir pelan-pelan," jelasnya.

Mengatur napas ketika minum serta mengingat adanya kandungan nutrisi pada air minum bisa berdampak baik bagi kita. Analisa menyebut bahwa hal ini bisa membuat kita menjadi lebih rileks dan tenang.

Reporter: Aditya Eka Prawira
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Puasa yang Tepat Bisa Turunkan Kadar Lemak Jahat dalam Tubuh
Pada saat Berbuka Puasa Hindari Konsumsi Gorengan, Ini Sebabnya
Ini Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Suplemen Vitamin saat Puasa Ramadan
Dokter Ingatkan Pentingnya Asupan Air pada Ibu Hamil yang Berpuasa
Konsumsi Lemak Baik dan Kurangi Gorengan Bisa Jadi Cara Bugar Beraktivitas kala Puasa
8 Makanan Sahur yang Bisa Bantu Kamu Tetap Bertenaga saat Puasa Ramadan

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini