Tubuh Hanya Demam saat Malam Hari, Ini 5 Hal yang Bisa Menjadi Penyebabnya

Tubuh Hanya Demam saat Malam Hari, Ini 5 Hal yang Bisa Menjadi Penyebabnya
demam. ©2018 Liputan6.com
SEHAT | 1 April 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika seseorang mengalami demam, tidak jarang suhu tubuh berubah antara siang dan malam. Tak jarang tubuh kita sudah cukup dingin di siang hari namun kembali menghangat di malam harinya. Apa penyebabnya?

Demam adalah salah satu gejala yang dialami banyak orang ketika mereka akan terkena flu, atau ketika sistem kekebalan tubuh mulai terganggu. Demam juga bisa menjadi salah satu tanda adanya infeksi.

Kondisi demam merupakan suatu hal yang biasa dialami orang ketika akan terkena flu atau saat sistem kekebalan tubuh terganggu. Namun kadang kala demam yang dialami ini hanya terjadi saat malam hari.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja. Pada siang hari, seseorang merasa segar bugar namun tiba-tiba demam di malam hari. Selain tak sehat, demam di malam hari juga seringkali mengganggu tidur sehingga seseorang merasa lelah di pagi hari.

Lantas, apa yang menyebabkan demam di malam hari? Berikut adalah beberapa hal yang berkemungkinan menyebabkan demam di malam hari, seperti dilansir oleh Boldsky.

1. Pirogen dari Luar

Pirogen adalah produk bakteri yang bisa datang dari luar tubuh dan masuk ke dalam tubuh. Pirogen bisa menyebabkan demam tinggi namun hanya di malam hari. Pirogen bisa memproduksi racun yang berbahaya untuk kesehatan kamu.

Ketika masuk ke dalam tubuh, pirogen dari luar akan membuat tubuh memproduksi pirogen sendiri. Hal inilah yang menyebabkan kondisi demam pada tubuh. Kebanyakan demam yang hanya terjadi pada malam hari disebabkan oleh pirogen ini.

2 dari 3 halaman
tubuh hanya demam saat malam hari, ini 5 hal yang bisa menjadi penyebabnya

2. Infeksi Saluran Pernapasan Atas

Pilek dan infeksi saluran pernapasan seringkali juga memiliki gejala seperti demam di malam hari. Terkadang, demam di malam hari hanya disebabkan oleh pilek biasa. Namun bisa jadi demam di malam hari juga disebabkan oleh infeksi saluran pernapasan seperti laring, trakea, bronkitis, atau lainnya.

Cara untuk mengenali apakah itu hanya demam biasa atau adanya infeksi pada saluran pernapasan atas adalah dengan melihat seberapa lama demam yang dirasakan. Pilek biasa akan menyebabkan demam yang bertahan hanya beberapa hari, sementara infeksi lainnya bisa bertahan lebih lama bergantung pada sistem kekebalan tubuh seseorang.

3. Infeksi Saluran Kemih

Demam juga bisa terjadi ketika kamu mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini ditandai dengan adanya rasa sakit pada saluran kemih dan adanya racun yang bisa menyebabkan demam.

Jika demam pada malam hari disebabkan oleh infeksi saluran kemih, kamu harus segera memeriksakannya ke dokter. Demam karena infeksi saluran kemih tak bisa embuh begitu saja, tetapi harus diperiksakan dan disembuhkan dengan obat-obatan tertentu.

3 dari 3 halaman
tubuh hanya demam saat malam hari, ini 5 hal yang bisa menjadi penyebabnya

4. Infeksi Kulit

Dalam banyak kasus, demam di malam hari juga bisa disebabkan oleh infeksi kulit. Ada banyak infeksi yang bisa terjadi pada kulit dan bisa mengganggu kesehatan.

Infeksi pada kulit, misalkan dari luka dan lainnya juga biasanya menjadi penyebab demam kebanyakan orang. Jika kamu mengalaminya, sebaiknya segera periksakan, agar infeksi segera diobati dan tidak menjadi semakin parah.

5. Peradangan

Ketika terjadi peradangan dalam tubuh, biasanya kamu juga akan mengalami demam. Peradangan bisa terjadi sebagai reaksi alergi pada obat atau lainnya. Jika ini yang terjadi, kamu biasanya akan mengalami demam hanya di malam hari saja. Bisa jadi peradangan disebabkan oleh alergi biasa dan bukan obat.

Mengetahui gejala-gejala yang menyertai demam bisa sangat penting dalam memahami kondisimu. Ketika masalah ini tak kunjung selesai dalam waktu lama, sebaiknya segera berkonsultasi dan periksakan diri ke dokter.

(mdk/RWP)

Baca juga:
Cara Bagi Orangtua dan Anak Membangun Ikatan Kuat pada Masa Pandemi
Kaku pada Leher Bisa Jadi Gejala Adanya Meningitis
Sering Menyusui Bisa Buat ASI Lebih Lancar Keluar
Kenali Tanda yang Ditunjukkan oleh Bayi ketika Sudah Memperoleh ASI yang Cukup
Begini Cara Aman bagi Pasien Penyakit Maag untuk Konsumsi Vitamin C
Begini Cara Orangtua Memeriksa Kesehatan Gigi Anak Usai Menyikatnya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini