Michael Owen Bicara Potensi Sepakbola Indonesia

Michael Owen Bicara Potensi Sepakbola Indonesia
SEPAKBOLA | 5 November 2020 11:58 Reporter : Haris Kurniawan

Merdeka.com - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Virtual Conference Indonesia Youth Football Development (IYFD).

Salah satu bintang tamu yang hadir ialah legenda sepakbola Inggris dan mantan pemain Manchester United Michael Owen.

Owen menilai, Indonesia memiliki potensi sepakbola yang luar biasa dan harus banyak dikenalkan sejak usia dini.

Dirinya menceritakan pengalamannya pada usia berapa mulai mengenal sepakbola hingga bergabung ke Timnas Inggris.

"Saat saya berusia 1-2 tahun saya sudah kenal dengan bola. Berjalan kemana-mana membawa bola."

"Menghabiskan waktu dengan bermain bola. Di usia 7 tahun saya bermain untuk tim pertama saya. Menginjak usia 14 tahun saya sudah tampil untuk tim nasional U-15 Inggris," kata Owen, Rabu (4/11) sore.

Lanjut dia, untuk menjadi pesepakbola profesional harus memiliki sikap atau kepercayaan diri yang harus ditanamkan sejak usia dini.

"Selain kemampuan, harus sejak usia dini dianggap bahwa bermain bola bukan dianggap sekedar hobi tapi juga sebagai hidup anda dan profesional," tambah yang juga mantan pemain Liverpool ini.

"Hasrat untuk menjadi pesepakbola harus ada, bermain bola, berkompetisi, menghadapi tantangan harus benar-benar muncul dari dalam diri anda. Itu yang akan menentukan anda jika ingin menjadi pesepakbola profesional," ujarnya yang mengidolakan pesepakbola Gary Lineker ini.

Owen yang juga pernah berkostum Real Madrid itu juga merasa tertarik selain berbagai tips juga ikut memperbaiki struktur pembinaan sepakbola di Indonesia untuk jangka panjang, target dan tujuannya. Sebagai seorang mentor sepakbola, saat ini Owen ingin berperan untuk terus meregenerasi bibit-bibit unggul sepakbola lainnya agar bisa terus menciptakan prestasi-prestasi.

"Indonesia memiliki potensi sepakbola yang luar biasa, antusias dan passion yang besar. Jika ingin serius harus memperkenalkan sepakbola sejak usia dini kepada anak-anak," pesan Owen.

Kontributor: Bagus Suryadinata (mdk/hrs)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami