Cara Mengatasi Maag yang Ampuh agar Tidak Kambuh Lagi

Cara Mengatasi Maag yang Ampuh agar Tidak Kambuh Lagi
Ilustrasi obat. Shutterstock/Poprotskiy Alexey
SUMUT | 6 Agustus 2022 08:01 Reporter : Muhammad Farih Fanani

Merdeka.com - Cara mengatasi maag yang ampuh adalah salah satu pertanyaan yang banyak orang tanyakan. Tidak sedikit orang yang merasakan penyakit maag. Penyakit ini biasanya terjadi karena pilihan makanan yang kurang sehat atau bisa jadi juga karena keseringan telat makan.

Gejala yang ditimbulkan akibat penyakit maag biasanya terjadi pada perut. Ini biasanya akan mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Tentu Anda tidak ingin itu terjadi. Maka dari itu Anda perlu mengetahui cara mengatasi maag yang ampuh agar tidak kambuh lagi.

Banyak artikel yang sudah membahas tentang cara mengatasi maag yang ampuh. Akan tetapi masih banyak yang belum menjelaskannya secara jelas dan ringkas. Maka dari itu, kali ini Merdeka.com merangkum penjelasan tentang cara mengatasi maag yang ampuh supaya tidak kambuh lagi yang bisa Anda praktikkan ketika sedang mengalami gejala maag.

2 dari 4 halaman

1. Sering Makan

Cara mengatasi maag pertama yang perlu Anda ketahui adalah kontrol pola makan. Lambung yang kosong akan mengakibatkan maag Anda kambuh. Maka dari itu, sering-seringlah makan. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan porsinya. Jangan makan dengan porsi besar. Makanlah dengan porsi yang kecil supaya makan berkali-kali dalam sehari.

Selain itu, pastikan bahwa Anda juga mengunyah makanan Anda dengan sempurna. Makanan yang dikunyah dengan sempurna akan memudahkan lambung dalam menghancurkan makanan tersebut.

2. Jangan Makan Makanan Pedas

Cara mengatasi maag yang kedua adalah dengan membatasi diri mengonsumsi makanan yang pedas. Makanan yang pedas memang memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Akan tetapi, ketika Anda mengonsumsi makanan yang pedas maka itu akan semakin memperparah penyakit Anda.

Cara mengobati maag adalah dengan menghindari atau membatasi makanan dengan rasa tertentu yang terlalu berlebihan, seperti pedas, asam, dan gurih. Ketiga rasa dalam makanan tersebut perlu untuk Anda hindari supaya bisa menjadi salah satu cara mengatasi maag.

3. Minum Teh Herbal

Di samping mengonsumsi obat dari apotek, cara mengatasi maag yang juga cukup ampuh adalah dengan meminum teh herbal. Teh herbal bukanlah seperti teh pada umumnya. Teh herbal mengandung bahan-bahan seperti jahe atau chamomile kering.

Anda bisa membelinya atau membuatnya sendiri di rumah. Cara membuatnya juga mudah. Anda hanya perlu merebus potongan jahe, atau beberapa sendok makan chamomile. Setelah air mendidih, saring dan sajikan dalam gelas. Anda bisa menyantapnya selagi hangat.

3 dari 4 halaman

4. Konsumsi Makanan yang Mengandung Probiotik

Selain dibatasi untuk mengonsumsi makanan tertentu, penderita maag juga perlu mengonsumsi makanan tertentu untuk menekan sakit dan kambuhnya maag. Anda dianjurkan untuk meningkatkan konsumsi terhadap makanan yang mengandung probiotik. 

Makanan yang mengandung probiotik tersebut mengandung bakteri yang mirip dengan bakteri baik di usus halus. Makanan yang mengandung probiotik antara lain yoghurt, tempe, kimchi, acar, keju, dan lain sebagainya. Makanan tersebut bisa menjadi salah satu cara mengatasi maag yang cukup ampuh.

5. Hentikan Rokok

Cara mengatasi maag selanjutnya yang wajib untuk Anda lakukan adalah dengan menghentikan kebiasaan merokok. Kebiasaan merokok ini dapat menyebabkan masalah pernapasan dan juga bisa memicu naiknya asam lambung. Hal ini tentu akan menimbulkan gejala maag.

Dikatakan bahwa meskipun Anda sudah menjaga pola makan yang baik, akan tetapi masih tidak bisa lepas dari kebiasaan merokok, maka itu tidak akan menyelesaikan masalah. Karena rokok dapat menyebabkan tubuh harus menarik nikotin dan zat-zat lain secara mendadak. Hal ini tentu akan merepotkan tubuh.

6. Kurangi Kafein atau Alkohol

Selain rokok, cara mengatasi maag yang juga cukup ampuh adalah dengan mengurangi kafein atau alkohol. Maag yang Anda derita akan tetap kambuh juga Anda tidak menghentikan kebiasaan ini. Alkohol dapat mengiritasi lapisan tenggorokan dan perut dan meningkatkan produksi asam lambung.

Sedangkan kafein dan juga minuman bersoda juga merupakan minuman yang perlu untuk Anda hindari. Hal itu karena kedua minuman tersebut dapat memicu perut mulas dan menyebabkan semakin parahnya maag yang Anda alami. Anda harus mengurangi minuman-minuman di atas sebagai cara mengatasi maag.

4 dari 4 halaman

7. Minum Obat Maag

Cara mengatasi maag yang sering digunakan oleh orang-orang yang ingin mendapatkan kesembuhan secara cepat dari maag adalah dengan mengonsumsi obat maag. Pilihan obat maag yang bisa Anda konsumsi ini cukup beragam, mulai dari ranitidine, famotidine, cimetidine, hingga omeprazole dan lansoprazole.

Namun, pada beberapa kasus, meminum obat maag ini sangat perlu anjuran dari dokter. Anda tidak bisa membeli obat dan mengonsumsinya sembarangan tanpa mendapatkan rekomendasi dari dokter.

8. Hubungi Dokter

Langkah pamungkas yang bisa Anda lakukan sebagai salah satu cara mengatasi maag adalah dengan menghubungi dokter. Ini merupakan langkah final yang bisa Anda lakukan jika penyakit maag Anda sudah sangat sulit untuk diobati. Anda tentu tidak ingin merasakan maag berkepanjangan dan sulit disembuhkan. Untuk mengatasinya, segera hubungi dokter.

Ketika menghubungi dokter, Anda akan mendapatkan perawatan yang tepat dan Anda akan mengetahui obat apa saja yang perlu Anda konsumsi. Dengan begitu maag yang Anda alami akan segera sembuh dan tidak kambuh lagi.

Demikian adalah 8 cara mengatasi maag yang bisa Anda lakukan dan praktikkan dengan mudah. Semoga dengan mengetahui 8 cara mengatasi maag tersebut Anda bisa melakukan 8 cara tersebut dan penyakit maag yang Anda alami segera sembuh.

(mdk/mff)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini