9 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk dengan Mudah, Bikin Tubuh Kembali Segar dan Prima

9 Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk dengan Mudah, Bikin Tubuh Kembali Segar dan Prima
Ilustrasi mengantuk. Shutterstock/Creativa
TRENDING | 5 November 2020 08:56 Reporter : Mutia Anggraini

Merdeka.com - Cara menghilangkan rasa ngantuk dapat dilakukan dengan berbagai cara. Terkadang, rasa ngantuk memang seringkali menghampiri saat kita hendak melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

Rasa ngantuk yang berlebih tersebut acap kali datang di pagi hari. Hal tersebut sebenarnya cukup wajar, sebab tubuh tengah melakukan adaptasi untuk melakukan berbagai aktivitas fisik setelah tertidur di malam hari.

Namun, kadang rasa ngantuk tersebut juga dapat menghampiri lantaran berbagai kebiasaan buruk yang seringkali dilakukan. Maka dari itu, ada baiknya untuk tetap selalu menerapkan pola hidup sehat agar terhindar dari rasa ngantuk berlebih. Tak jarang, tubuh pun merasa lelah hingga berpengaruh terhadap produktivitas sehari-hari.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan rasa ngantuk saat kita hendak melakukan aktivitas? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini seperti yang berhasil dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 6 halaman

Lakukan Teknik Pernapasan

Cara menghilangkan rasa ngantuk yang pertama adalah dengan melakukan serangkaian teknik pernapasan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan duduk tegak lalu mulailah mengatur pernapasan melalui perut.

Letakkan tangan kanan pada bagian perut dan tangan kiri pada bagian tengah dada. Setelah itu, Anda dapat menarik napas dalam-dalam melalui hidung hingga biarkan perut yang melakukan dorongan terhadap tangan kanan Anda lalu lepaskan udara melalui mulut. Lakukan teknik pernapasan tersebut hingga lebih dari 10 kali, maka seketika rasa ngantuk Anda pun akan segera menghilang.

ilustrasi bernafas

©2012 Merdeka.com

Melakukan Aktivitas

Selain dengan melakukan serangkaian teknik pernapasan, cara menghilangkan rasa ngantuk selanjutnya adalah dengan tetap aktif bergerak. Hal ini tak lain dilakukan untuk menjaga otak tetap berkonsentrasi hingga tidak menimbulkan rasa ngantuk yang berlebih.

Caranya, Anda dapat melakukan beberapa aktivitas fisik yang cukup ringan berupa berjalan ataupun melakukan stretching. Selain dapat menangkal rasa ngantuk, Anda pun juga dapat melakukan olahraga ringan untuk memperoleh tubuh yang sehat.

3 dari 6 halaman

Konsumsi Air Putih

Cara menghilangkan rasa ngantuk berikutnya adalah dengan rutin mengonsumsi air putih. Salah satu penyebab munculnya rasa ngantuk yang berlebih adalah kurangnya kandungan oksigen pada otak manusia.

Dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, maka kebutuhan cairan dan oksigen di dalam tubuh pun tetap terjaga. Sehingga, hal tersebut pun akan mengurangi rasa ngantuk yang seringkali menghampiri Anda saat hendak melakukan aktivitas sehari-hari.

ilustrasi anak minum air putih

©iStockphoto

Konsumsi Makanan Sehat

Selain oksigen, tubuh pun juga membutuhkan asupan gizi yang tepat dan seimbang. Maka, salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk berlebih adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan bergizi setiap hari.

Sebagian orang justru melewatkan sarapan sehat di pagi hari. Padahal, dengan sarapan tersebut Anda pun juga dapat terhindar dari rasa ngantuk berlebih saat melakukan rutinitas. Maka dari itu, penting untuk selalu menjaga pola dan intensitas makan setiap hari.

4 dari 6 halaman

Tingkatkan Kualitas Tidur

Cara menghilangkan rasa ngantuk berlebih yang kelima adalah dengan meningkatkan kualitas tidur. Hal ini dapat dilakukan pada saat Anda melakukan tidur siang atau pun di malam hari.

Usahakan untuk selalu memenuhi kebutuhan istirahat yang cukup yakni 8 jam per hari. Sebab saat tubuh kekurangan atau kelebihan jam tidur, maka ia pun juga akan memberikan reaksi alamiahnya dengan seringkali muncul rasa ngantuk berlebih.

ilustrasi tidur menggunakan guling

©europeanbedding.sg/

Maka dari itu, atur waktu Anda sedemikian rupa untuk selalu dapat memiliki tidur yang berkualitas. Hindari pula untuk menggunakan gawai atau ponsel saat menjelang tidur. Sebab, hal tersebut justru dapat mengganggu waktu istirahat Anda.

5 dari 6 halaman

Rutin Tidur Siang

Meningkatkan kualitas tidur juga dapat dilakukan dengan rutin meluangkan waktu untuk istirahat di siang hari. Namun, hal yang harus diperhatikan adalah usahakan untuk tidur siang tidak lebih dari 1 jam.

Sebab, hal ini justru akan memberikan pengaruh yang cenderung tidak baik bagi tubuh. Salah satun efek jangka pendeknya adalah munculnya rasa ngantuk berlebih. Maka dari itu, luangkan waktu cukup 20 hingga 30 menit untuk tidur siang setiap harinya.

ilustrasi tidur menggunakan guling

©europeanbedding.sg/

Berbincang

Salah satu cara menghilangkan rasa ngantuk selanjutnya adalah dengan tetap berbincang dengan orang lain. Hal ini disebut dapat membantu otak untuk tetap terjaga dan fokus. Sebab saat Anda berbincang dengan orang lain, otak pun akan selalu waspada untuk menanggapi orang lain saat berbicara dengan kita.

6 dari 6 halaman

Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik juga merupakan salah satu solusi yang tepat bagi anda untuk menghindari rasa ngantuk berlebih. Caranya, cukup pilih musik favorit Anda yang dapat membangkitkan stamina serta konsentrasi untuk melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Dengan begitu, rasa ngantuk pun akan dapat dihindari.

ilustrasi mendengarkan musik

©Shutterstock

Paparan Sinar Matahari

Cara menghilangkan rasa ngantuk yang terakhir adalah dengan terkena paparan sinar matahari. Anda dapat menghadap atau pun berada di tempat yang terkena paparan sinar matahari. Dengan begitu, mata dan tubuh pun akan memberikan reaksi alaminya untuk selalu terjaga sehingga Anda pun dapat terhindar dari rasa ngantuk yang luar biasa.

(mdk/mta)

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami