Ketika Tengah Depresi, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini

Ketika Tengah Depresi, Hindari 5 Makanan dan Minuman Ini
Ilustrasi depresi. ©2018 Merdeka.com/Pixabay
SEHAT | 2 Juli 2022 06:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Makanan yang kita konsumsi sehari-hari bisa sangat berpengaruh pada berbagai hal dalam hidup kita. Hal ini terutama pada kesehatan kita baik fisik maupun mental.

Depresi serta masalah mental lain bisa muncul pada seseorang karena beberapa penyebab. Sebuah penelitian terbaru bahkan menyebut bahwa tinggal sendiri dan merasa kesepian bisa membuat seseorang lebih rentan terhadap masalah mental ini.

Masalah mental dan depresi ini tentu bukan sebuah hal yang bisa hilang dalam sekejap atau melalui tidur satu malam semata. Perlu penanganan yang memadai untuk mengatasi kondisi ini.

Sejumlah makanan yang kamu konsumsi ternyata juga bisa menjadi biang onar semakin memburuknya depresi yang kamu alami. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah makanan dan minuman yang harus kamu hindari ketika depresi.

2 dari 3 halaman

Minuman yang Bisa Memperburuk Depresi

bisa memperburuk depresi rev1

Kafein

Kandungan minuman ini secara tidak langsung dihubungkan dengan depresi. Konsumsi kafein ini dapat berujung pada sejumlah masalah seperti gangguan tidur yang dapat memperburuk depresi.

Alkohol

Minuman ini bisa jadi penyebab depresi karena membentuk gabungan di dalam sistem saraf pusat yang berhubungan dengan emosi. Konsumsi alkohol terutama dalam jumlah banyak dapat mengganggu sistem saraf pusat dalam dirimu.

3 dari 3 halaman

Makanan yang Bisa Memperburuk Depresi

bisa memperburuk depresi rev1

Makanan Tinggi Sodium

Makanan tinggi sodium ini termasuk kacang asin, daging kaleng, ikan, dan lain sebagainya dapat memperburuk kesehatan mental kamu. Konsumsi garam berlebih dapat berujung pada perut kembung dan iritasi.

Makanan Olahan

Makanan olahan seperti roti, kue, dan keripik kentang sebaiknya tidak dikonsumsi ketika depresi. Makanan ini dapat meningkatkan kadar gula darah di dirimu serta membuatmu merasa sedih dan terganggu.

Gula Halus

Konsumsi gula halus dapat berujung pada meningkatnya tingkat pembengkakan dalam tubuh dan otakmu. Hal ini bisa berujung pada munculnya sejumlah gejala depresi.

Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur bisa sangat membantu dalam mengatasi masalah kesehatan mental sekaligus meningkatkan kesehatan fisik. Imbangi dengan gaya hidup sehat untuk mencegah terjadinya masalah lebih lanjut.

(mdk/RWP)

Baca juga:
Stres Bisa Menghambat Upaya dalam Menurunkan Berat Badan
6 Hal Remeh yang Ternyata Bisa Membantu Mengatasi Terjadinya Stres
Ingin Hidup Biasa-Biasa Saja di Tengah "Hustle Culture", Apakah Wajar?
Apa Itu Frustasi dan Depresi? Ketahui Perbedaan dan Cara Mengatasinya
Coba Lakukan 6 Hal Ini Untuk Mengurangi Anxiety

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini